Menghapus Data Pribadi dari Aplikasi Pinjol Paling Cepat dan Efektif, Buruan Sebelum Tersebar Luas

Menghapus Data Pribadi dari Aplikasi Pinjol Paling Cepat dan Efektif, Buruan Sebelum Tersebar Luas

Cara Menghapus Data Pribadi dari Aplikasi Pinjol--

Kalau sudah melakukan pelunasan berarti urusan dengan pihak pinjol sudah selesai dan bisa bebas menghapus data diri dari aplikasi tersebut. 

4. Hapus Aplikasi Pinjol

Jika langkah pertama sudah dilakukan, namun masih khawatir, maka dapat  menghapus data dengan meng-uninstall atau menghapus aplikasi pinjol tersebut. Dengan begitu, pihak pinjol tidak lagi dapat mengakses seluruh data di dalam ponselmu.

Berikut ini cara-caranya:

  • Buka menu ‘Pengaturan’ pada ponsel Anda.
  • Selanjutnya, pilih ‘Aplikasi’.
  • Lalu, cari aplikasi pinjaman online yang ingin Anda hapus.
  • Pilih ‘Uninstall’.

Jadi dengan meng-uninstall aplikasi pinjol tersebut, akan meminimalisasi terjadinya penyalahgunaan dengan menghapus data pribadi dari aplikasi pinjol. Agar tidak disalagunakan pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Masih belum yakin data Anda aman? Anda juga bisa mengganti SIM card Anda dengan yang baru. Ini juga merupakan salah satu cara yang ampuh mencegah data pribadi Anda disalahgunakan.

Selanjutnya, untuk mencegah penyebaran data, Anda perlu menonaktifkan seluruh akun media sosial yang Anda miliki untuk sementara waktu.

5. Factory Reset

Selanjutnya yakni dengan melakukan factory reset atau pengaturan awal pabrik. Langkah ini cukup ampuh agar data pada aplikasi pinjol tidak bocor.

Hal ini membuat tidak ada data di ponsel Anda yang dapat diretas. Namun, bila Anda mereset ponsel ke pengaturan awal pabrik artinya seluruh data yang tersimpan di ponsel, termasuk data-data penting yang Anda miliki akan ikut terhapus.

Pastikan untuk mem-back up data yang penting terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

6. Lapor OJK

Langkah terakhir yang dapat dilakukan, yaitu dengan melaporkan penyalahgunaan data pribadi Anda ke OJK. Pihak OJK akan menerima laporan yang berkaitan dengan pinjaman online ilegal.

Melalui laporan yang Anda sampaikan penelusuran dan tindak lanjut dapat dilakukan. Berikut ini kontak resmi OJK yang dapat Anda hubungi untuk melaporkan penyalahgunaan data aplikasi pinjol ke situs resmi OJK di ojk.go.id.

BACA JUGA: Dijamin Berhasil, 9 Cara Menghapus Data Pribadi di Pinjol Paling Efektif dan Bisa Langsung Praktik

Sumber: