Astra Motor Jawa Tengah Bersama Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri Adakan Pelatihan Cari Aman Berkendara

Astra Motor Jawa Tengah Bersama Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri Adakan Pelatihan Cari Aman Berkendara

--

RADAR TEGAL - Astra Motor Jateng bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan pelatihan keselamatan berkendara pada Kamis, 12 Januari 2023. Bertempat di aula Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Wonogiri, sesi pelatihan terbagi menjadi dua, yaitu teori dan praktek.

Seluruh peserta mendapat materi pelatihan dari tim safety riding Astra Motor jateng yang ditekankan pada pengenalan postur berkendara, teknik pengereman dan juga bagaimana peserta bisa memprediksi suatu bahaya.

Dinas Tenaga kerja memiliki tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang tenaga kerja dan bidang transmigrasi yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Wonogiri, Wiyanto, S.H., M.Si. menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk mengikuti pelatihan keselamatan berkendara agar dapat menerapkannya dalam aktifitas kesehariannya sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Dalam melaksanakan tugas pokok, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian memiliki beberapa fungsi antara lain melakukan pembinaan hubungan industrial, penyaluran, penempatan, kesejahteraan tenaga kerja dan pelatihan serta peningkatan produktivitas tenaga kerja.

Tentunya penerima manfaat atas pelatihan ketrampilan dan peningkatan produktifitas tenaga kerja adalah generasi muda. Rentang usia tersebut mempunyai kesempatan untuk meraih cita-cita hidup atau peluang memperbaiki hidup sangat besar. Sehingga perlu dijaga produktifitas dan kinerja pegawai agar aman dalam melakukan mobilitas berkendara dan terus konsisten memberikan manfaat tersebut.

Instruktur safety Riding Honda Jateng, Alfian Dian Pradana menerangkan, kecelakaan lalu lintas  dapat di cegah dengan membiasakan diri untuk memahami situasi dan kondisi sekitar dan kemudian memprediksi kemungkinan bahaya yang bisa terjadi ketika berada pada situasi tersebut. Kecelakaan itu bisa bersumber dari faktor manusia, kendaraan dan lingkungan, yang sudah pasti faktor terbesar penyebab kecelakaan adalah faktor manusia.

“Kecelakaan itu yang sudah pasti rugi, entah rugi secara materi, waktu, kesehatan, traumatis, bahkan kehidupan kita bisa menjadi korban atas kerugian yang ditimbulkan akibat kecelakaan, maka berkendara #Cari_Aman adalah senjata hebat untuk mengurangi potensi kecelakaan,” ucap Alfian.

Sumber: