Keren Nih! Mahasiswa asal Kabupaten Tegal ke Jepang dalam Sakura Science Exchange Program

Keren Nih! Mahasiswa asal Kabupaten Tegal ke Jepang dalam Sakura Science Exchange Program

MAHASISWA TEGAL- Sabriansah Arya Pramuditia, mahasiswa asal Kabupaten Tegal yang ke Jepang untuk Sakura Science Exchange Program.-Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Berhasil ikut Sakura Science Exchange Program, prestasi mahasiswa asal Kabupaten Tegal ke Jepang patut diacungi jempol. Prestasi ini diraih Sabriansah Arya Pramuditia. 

Dia menjadi mahasiswa asal Kabupaten Tegal yang ke Jepang untuk mengikuti Sakura Science Exchange Program. Sebelum dikirim ke Negeri Sakura itu, Sabriansah yang merupakan warga RT 20 RW 08 Desa Tonggara Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal ini harus mengikuti seleksi.

"Dia ikut seleksinya di Undip Semarang. Karena Sabriansah memang kuliahnya di Undip. Ini sudah semester enam," kata Plt Kasi Sarpras SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal Wandi, saat ditemui di kantornya, Jumat 26 Januari 2024.

Wandi yang juga merupakan ayah dari Sabriansah ini menuturkan, setelah lolos seleksi, mahasiswa asal Kabupaten Tegal itu ke Jepang sejak 21 Januari 2023. 

BACA JUGA: KKN di Malaysia, Mahasiswa IBN Tegal Mendapat Sambutan Hangat

Rencananya, mahasiswa asal Kabupaten Tegal yang ke Jepang itu akan kembali ke Indonesia atau Kabupaten Tegal pada Senin 29 Januari 2024 hari ini.

Menurut Wandi, sebenarnya mahasiswa yang mengikuti seleksi itu sangat banyak. Namun hanya 9 mahasiswa yang terpilih untuk berangkat ke Jepang.

"Padahal peserta seleksinya tidak hanya mahasiswa S1, tapi juga ada yang S2," kata Wandi.

Dia menyebut, Sabriansah adalah mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang fakultas Teknik Lingkungan. Selama di Jepang, kabarnya Sabriansah belajar soal teknik lingkungan sesuai dengan jurusan kuliahnya.

BACA JUGA: Jempolan, Mahasiswa IBN Tegal Dikirim ke Malaysia

"Jadi selama di sana (Jepang), Sabriansah dibiayai oleh Pemerintahan Jepang. Termasuk uang sakunya. Keluar uang cuma buat bikin paspor saja," ujar Wandi.

Dirinya tak menampik, performa mahasiswa asal Kabupaten Tegal yang ke Jepang itu memang sangat baik. Hal itu terlihat sejak 2019 lalu, Sabriansah kerap meraih prestasi. 

Di antaranya, Juara 1 Putra Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Juara 1 Short Movie Festival Budaya Kabupaten Tegal, Juara 1 Putra Duta Anti Narkoba dan beberapa prestasi lainnya.

Wandi berharap, setelah lulus kuliah nanti, ilmu yang diperoleh Sabriansah selama kuliah dan di Jepang dapat bermanfaat untuk masyarakat luas. Utamanya untuk masyarakat Kabupaten Tegal.

Sumber: