Revitalisasi Selesai, Pasar Randugunting Kota Tegal Mulai Kembali Ditempati Pedagang

 Revitalisasi Selesai, Pasar Randugunting Kota Tegal Mulai Kembali Ditempati Pedagang

DITEMPATI – Pedagang sayur Susy melayani pembeli di los baru Pasar Randugunting Kota Tegal yang telah selesai direvitalisasi, Minggu 28 Januari 2024. -K. ANAM SYAHMADANI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Pasar Randugunting Kota Tegal yang telah selesai direvitalisasi dipastikan bisa kembali ditempati pedagang. Hal ini setelah pengundian los yang dilakukan di pasar tersebut, Sabtu 27 Januari 2024.

Pengundian los di Pasar Randugunting Kota Tegal berlangsung lancar dan kondusif. Sejumlah pedagang terlihat sudah mulai memindahkan dagangannya dari pasar sementara dan berjualan di los yang baru di dalam pasar.

Salah satunya, Susy, pedagang sayur. Di sela-sela melayani pembelinya, Susy mengaku senang Pasar Randugunting Kota Tegal telah selesai direvitalisasi dan sudah bisa kembali ditempati. Apalagi, Pasar Randugunting Kota Tegal menerapkan sistem zonasi dan bangunannya lebih rapi. Sehingga, nyaman digunakan untuk aktivitas jual beli pedagang dan pembeli. 

“Alhamdulillah senang Pasar Randugunting bisa kembali ditempati pedagang. Sekarang losnya rapi sekali. Dulu semrawut, sayur yang dijual bisa berbau ikan. Sekarang tidak karena dikelompokkan,” kata Susy, pedagang yang berasal dari Kelurahan Margadana, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, kepada Radar Tegal, Minggu 28 Januari 2024.

BACA JUGA: Bernilai Rp2,9 Miliar, Revitalisasi Pasar Randugunting Kota Tegal Rampung 100 Persen

Pedagang gerabah, Maryam, juga menyambut sumringah Pasar Randugunting Kota Tegal bisa kembali ditempati pedagang setelah selesai direvitalisasi. Maryam yang berasal dari Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, menilai bangunan pasar kini sudah bagus.

Dia berharap hal itu bisa membuat Pasar Randugunting Kota Tegal lebih banyak dikunjungi oleh masyarakat.

“Kami berharap lebih ramai, karena tempatnya sudah bagus,” ucap Maryam.

Kepala Pasar Randugunting Kota Tegal Sumitro menyampaikan, Pasar Randugunting kini menerapkan zonasi. Ada zonasi buah, sayur, sembako, pakaian, makanan kering, makanan basah, kerupuk, dan sebagainya. 

BACA JUGA: Tersisa 2 Pekan, Komisi II DPRD Kota Tegal Minta Rehabilitasi Pasar Randugunting Dikebut

Zonasi ini akan memudahkan pembeli dalam mencari kebutuhan sehari-harinya. Setelah para pedagang beralih dari pasar sementara, lokasi tersebut akan kembali difungsikan sebagai tempat parkir.

Sumitro berharap dengan kondisi Pasar Randugunting Kota Tegal yang baru setelah direvitalisasi bisa semakin banyak menarik pembeli untuk datang ke pasar. Sehingga, pedagang mendapatkan kelebihan keuntungan. Dia juga berpesan agar para pedagang terus menjaga kerukunan. 

“Sehingga bisa menjadi berkah bagi semua pedagang,” ucap Sumitro. 

Pelaksanakan pengundian los dilakukan Pengelola Pasar Randugunting bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkop UKM Perdagangan), Paguyuban Pedagang Pasar Randugunting, dan disupport Unit Keselamatan Kerja dari Dinas Kesehatan. Sebanyak 482 los telah selesai diundi. Sehingga, pedagang sudah sah menempati los barunya.

Sumber: