6 Cara Hapus Data di Pinjol Karena Galbay, Buruan Praktik Jika Khawatir Kena Teror

6 Cara Hapus Data di Pinjol Karena Galbay, Buruan Praktik Jika Khawatir Kena Teror

Ilustrasi. Cara hapus data di pinjol karena galbay --Freepik

RADAR TEGAL - Di era digital sekarang, semakin banyak orang yang menggunakan pinjaman online (pinjol) baik anak muda hingga orang tua. Tidak sedikit juga mereka yang terlilit hutang pinjol dan berakhir gagal bayar (galbay) hingga membutuhkan cara hapus data di pinjol karena galbay.

 

Biasanya, orang yang galbay akan dihubungi oleh pihak pinjol secara berkali-kali agar segera melunasi tagihannya, bahkan ada juga yang menyebar data pribadi Anda tanpa izin. Untuk antisipasi hal itu dan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, cara hapus data di pinjol karena galbay bisa menjadi solusi.

 

Ancaman penyebaran data hingga teror yang berkali-kali oleh pinjol karena galbay memang menjadi hal yang mendorong banyak orang mencari tahu cara hapus data di pinjol karena galbay. Tujuannya tentu supaya hidup lebih tenang tanpa khawatir diteror-teror lagi.

 

Nah berikut ini cara hapus data di pinjol karena galbay yang bisa Anda praktikkan sekarang. Simak sampai habis agar tidak gagal paham ya.

BACA JUGA: Cara Mudah Hapus Data Kontak dan Izin Akses Aplikasi Pinjol, Aman dari Penyadapan

Cara hapus data di pinjol karena galbay

1. Melunasi tagihan yang tertunggak

 

Untuk langkah pertama cara hapus data di pinjol karena galbay yakni melunasi semua hutang pinjol yang masih tertunggak. Jangan lari dari tanggung jawab sebagai peminjam.

 

Jika merasa keberatan dengan tagihan pinjol yang diberikan, Anda bisa mengajukan permohonan keringanan pembayaran.

 

2. Menghubungi customer service

 

Selanjutnya Anda bisa mengajukan permohonan penghapusan data pribadi Anda dengan menghubungi customer service di aplikasi pinjol yang Anda gunakan.

 

3. Uninstall aplikasi pinjol yang digunakan

 

Langkah berikutnya Anda bisa langsung uninstall aplikasi pinjol yang digunakan. Hal ini dilakukan supaya pinjol tidak bisa lagi mengakses seluruh data yang ada di ponselmu.

 

BACA JUGA: 3 Cara Hapus Akun di Pinjol yang Aman Tanpa Membayar, Data Pribadi seperti KTP Auto Hilang

 

4. Ganti nomor yang baru

 

Jika uninstall aplikasi belum mempan juga, solusinya yakni ganti nomor kartu perdana yang baru.

 

5. Hapus sosial media 

 

Nah jika belum efektif juga Anda bisa mencobanya menghapus seluruh akun sosial media yang saat ini Anda miliki. Agak merepotkan tetapi ini disebut cukup efektif mengantisipasi teror pinjol.

 

6. Lapor OJK

 

Hal yang terakhir jika Anda sudah melunasi hutang tetapi data masih disalahgunakan oleh pihak pinjol ilegal, alangkah baiknya segera melaporkan ke OJK. Nantinya OJK akan melakukan tindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Anda bisa melaporkan ke OJK dengan cara menghubungi email :[email protected], telepon: 157 dan WhatsApp: 081157157157. Selain itu bisa juga mengikuti langkah seperti berikut ini:

 

  • Kunjungi situs web OJK : https://www.ojk.go.id/ 

  • Lalu klik menu “ Pengaduan”

  • Pilih jenis pengaduan “ Pinjaman Online”

  • Kemudian isi formulir pengaduan secara lengkap dan benar

  • Unggah bukti pendukung, seperti bukti transfer, bukti percakapan dengan pinjol 

  • Klik tombol “ Kirim.”

BACA JUGA: Cara Mudah Hapus Data Kontak dan Izin Akses Aplikasi Pinjol, Aman dari Penyadapan

Itu dia beberapa cara hapus data di pinjol karena galbay yang bisa Anda praktikkan sekarang juga jika khawatir terkena teror. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: