6 Cara Cerdas Pakai Pinjol Tanpa Galbay dan Ngutang Numpuk, Tidak akan Diteror DC

6 Cara Cerdas Pakai Pinjol Tanpa Galbay dan Ngutang Numpuk, Tidak akan Diteror DC

6 cara cerdas pakai pinjol tanpa galbay-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini memberikan 6 cara cerdas pakai pinjol tanpa galbay dan ngutang menumpuk. Anda bisa terapkan cara ini baik pada platform legal atau ilegal sekalipun.

Cara cerdas pakai pinjol tanpa galbay ini juga bisa tetap menjaga skor kredit Anda tetap aman. Apalagi jika meminjam pada layanan yang legal OJK.

Selain itu, cara cerdas pakai pinjol tanpa galbay ini untuk menghindari adanya teror yang akan dilakukan oleh DC pinjaman online. Terlebih jika nominal hutang yang tertunggak cukup besar.

Berikut simak 6 cara cerdas pakai pinjol tanpa galbay di bawah ini yang bisa Anda ikuti. Pastikan Anda mengikuti poin-poinnya dengan benar jika tidak ingin dikejar debt collector.

6 cara cerdas pakai pinjol tanpa galbay

Mengambil pinjaman online tidak bisa sembarangan tanpa perencanaan yang matang. Jangan hanya berfokus pada keadaan mendesak, pikirkan juga bagaimana kemampuan Anda membayar dan risiko yang bisa terjadi ke depannya.

BACA JUGA : 5 Cara Menghapus Data KTP Pinjol dengan Cepat dan Tepat, Cukup Lewat HP

1. Gunakan yang sudah legal OJK

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin mengajukan pinjol, yaitu legalitasnya. Pastikan layanan tersebut sudah terverifikasi OJK.

Hal ini untuk menghindari segala risiko yang bisa terjadi kepada Anda selaku konsumen. Entah itu dari suku bunga tidak wajar sampai praktik penagihan hutang tidak etis. Anda bisa cek legalitas pinjol di situs www.ojk.go.id atau kontak OJK di 157.

2. Ajukan sesuai kebutuhan 

Cara agar tidak galbay pinjol yaitu ajukan sesuai dengan kebutuhan saja. Sesuaikan juga dengan kemampuan Anda membayarnya nanti.

Meski kini sudah banyak layanan pinjol yang menawarkan pinjaman tinggi, jangan mudah tergiur. Pastikan Anda meminjam tidak lebih dari 30 persen pendapatan Anda. Hindari sikap konsumtif sampai lupa dengan cicilan beserta bunganya tiap bulan.

BACA JUGA : Nasabah Galbay Lama akan Dikirimkan Surat Peringatan dari Pinjol, Begini Isi Suratnya

Sumber: