Bagaimana Cara Membersihkan Air Purifier? Ternyata Mudah Banget, Begini langkahnya

Bagaimana Cara Membersihkan Air Purifier? Ternyata Mudah Banget, Begini langkahnya

Bagaimana Cara Membersihkan Air Purifier?--

RADAR TEGAL – Pembersih udara (air purifier) membuat ruangan di rumah Anda jadi lebih sehat dan bersih. Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara membersihkan air purifier yang tepat? Berikut penjelasannya.

Air purifier dapat dengan mudah untuk Anda rawat secara tepat. Dengan membersihkan ari purifier secara teratur maka akan memperpanjang masa pakainya dan memaksimalkan jumlah polutan dan alergen yang disaring dari udara disekitarnya. Berikut ini penjelasan mengenai bagaimana cara membersihkan air purifier.

Dengan mengetahui bagaimana cara membersihkan air purifier secara tepat, maka Anda bisa menerapkannya sendiri di rumah tanpa takut terjadi kesalahan hingga membuat air purifier Anda jadi cepat rusak.

Lalu, bagaimana cara membersihkan air purifier?

Hal tersebut tergantung pada jenis pembersih udara yang Anda miliki, ya. Oleh karena itu selalu periksa perangkat Anda sebelum mencoba untuk membersihkannya. Berikut langkah-langkah membersihkan air purifier secara tepat.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Air Purifier Supaya Miliki Performa yang Optimal!

1. Baca Panduan Membersihkan Air Purifier

Sebelum Anda mulai membersihkan air purifier, maka pastikan Anda sudah membca panduan penggunaan yang sudah disediakan oleh produsen, ya.

Perlu Anda ingat bahwa, setiap model air purifier ini mungkin mempunyai petunjuk yang berbeda untuk membersihkan dan merawatnya.

Dengan Anda memahami petunjuk yang sudah tersedia, maka bisa membantu Anda dalam melakukan perawatan dengan benar dan mencegah kerusakan pada perangkat.

2. Cabut Sumber Listrik

Sebelum Anda melakukan pembersian, maka pastikan terlebih dahulu sumber listrik air purifier sudah dicabut, ya.

BACA JUGA: Ketahui Manfaat Air Purifier Sharp untuk Udara Rumah, Ada yang Sering Tidak Disadari Pengguna

Hal ini merupakan langkah kemanan yang paling penting untuk mencegah cedera atau kerusakan pada  perangkat pada saat membersihkannya.

3. Buka Filter Air Purifier

Tahukah Anda bahwa filter merupakan kompnen utama yang terdapat dalam air purifier yang bisa menangkap partikel-partikel udara.

Langkah pertama, buka perangkat sesuai dengan petunjuk pengguna dan lepaskan filter. Terdapat beberapa jenis filter yang umumnya digunakan seperti pre-filter, HEPA filter (High-Efficiency Particulate Air), dan filter karbon aktif.

Pastikan untuk Anda  meletakkan filter di tempat yang aman, ya.

BACA JUGA: Daftar Harga Sharp Air Purifier Terbaru, Mulai dari Rp1 Jutaan

4. Bersihkan Pre-filter

Apabila air purifier Anda dilengkapi dengan pre-filter, maka langkah pertama yakni membersihkannya. Diketahui, Pre-filter berfungsi untuk menangkap partikel kasar seperti debu dan rambut sebelum udara masuk ke filter utama.

Anda bisa bersihkan pre-filter dengan menghapus debu dan kotoran secara lembut menggunakan sikat lembut atau vakum dengan penyedot debu.

5. Bersihkan Filter Air Purifier

Untuk membersihkan HEPA filter atau filter utama lainnya, Anda perlu memeriksa panduan pengguna untuk mengetahui apakah filter tersebut dapat dicuci atau tidak.

Sebab, beberapa filter HEPA tidak dapat dicuci dan perlu diganti secara berkala.Apabila filter dapat dicuci, langkah pertama adalah menghapus debu dan partikel lainnya dengan menyedotnya menggunakan udara tekan atau sikat lembut.

BACA JUGA: Sharp Pertahankan Predikat Air Purifier No 1 Berkat Strategi Publikasi yang Efektif

Jika Anda diperbolehkan mencuci filter, maka rendam filter dalam air hangat yang dicampur dengan sedikit sabun ringan.

Gosok lembut filter dengan tangan untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Pastikan untuk tidak merusak struktur filter.

Setelah selesai, bilas filter dengan air bersih sampai sabun benar-benar terhapus. Jangan menggunakan air panas atau sikat yang kasar karena bisa merusak efisiensi filter.

Setelah selesai Anda bisa membersihkan bagian luar dengan menggunakan kain lembut dan lembap untuk bisa menghapus debu dan kotoran pada permukaannya.

Setelah semua komponen air purifier sudah kering dan bersih, maka pasang kembali filter dan bagian-bagian lainnya sesuai dengan petunjuk yang sudah tersedia.

BACA JUGA: Sharp Luncurkan produk Air Purifier dan AC Terbaru, Bisa Terhubung Smartphone

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara membersihkan air purifier. Semoga bemanfaat. (*) 

Sumber: