Perbedaan KUR dan Non KUR BRI, Mana Angsuran yang Paling Pas untuk Pelaku UMKM di Tahun 2024

Perbedaan KUR dan Non KUR BRI, Mana Angsuran yang Paling Pas untuk Pelaku UMKM di Tahun 2024

perbedaan kur dan non kur bri--

RADAR TEGAL - Perbedaan KUR dan Non KUR sering menjadi perbandingan yang signifikan ditengah masyarakat, ketika melakukan pinjaman melalui Bank BRI.

Perbedaan KUR dan Non KUR BRI yang sering kita ketahui adalah KUR BRI merupakan pinjaman kredit yang ditujukan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk modal pengembangan usaha yang disubsidi oleh pemerintah.

Sedangkan non KUR atau Kupra (Kupedes Rakyat) merupakan kredit BRI yang menjadi salah satu produk pinjaman milik Bank BRI untuk menambah modal kerja atau pun investasi. Perbedaan KUR dan Non KUR BRI tersebut sebagai modal usaha UMKM masing-masing.

Walaupun memiliki tujuan yang hampir sama, untuk pengembangan usaha, namun terdapat banyak perbedaan antara KUR dan dan Non KUR. Simak penjelasan lengkapnya disini.

Perbedaan KUR dan Non KUR BRI

BACA JUGA: Perhatikan! 5 Penyebab Pengajuan KUR BRI 2023 Belum Ada Kabar, Jangan Sampai Terjadi Di 2024

1. Perbedaan KUR dan Non KUR BRI pertama adalah di mulai dari suku bunga, syarat, platform pinjaman, asuransi yang akan dibebankan kepada peminjam sebagai jaminan.

2. Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu program pemerintah untukmeningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan.

3. Program KUR sendiri bertujuan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

4. Pembiayaan yang disalurkan KUR bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan yang merupakan Penyalur KUR.

5. Sementara Pinjaman Non KUR berisfat umum bagi semua sektor ekonomi.

BACA JUGA: 3 Hal yang Diperhatikan di Pinjaman KUR BRI 2024 Terbaru, Bunga 6 Persen Cocok untuk UMKM Lokal

Berikut Perbedaan KUR dan Non KUR BRI platform Rp5 juta. Berikut perbandingan angsurannya.

1. Kupedes BRI

  • 12 bulan Rp476.667
  • 18 bulan Rp337.778
  • 24 bulan Rp268.333
  • 36 bulan Rp198.889

Sumber: