Lakukan 5 Cara Ini agar Tidak Jadi Buronan DC Pinjol dan Skor Kredit Tetap Aman

Lakukan 5 Cara Ini agar Tidak Jadi Buronan DC Pinjol dan Skor Kredit Tetap Aman

5 cara agar tidak jadi buronan DC pinjol-freepik-

BACA JUGA: Nasabah Galbay Punya 10 Hak Ini saat Ditagih Hutangnya oleh DC Pinjol, Simak Selengkapnya

4. Pahami kebijakan pinjaman

Cara berikutnya untuk menghindari kejaran DC pinjol yaitu memahami dengan teliti kebijakan yang diberlakukan, tepatnya sebelum Anda menyetujui kontrak pinjaman. Mulai dari suku bunga, tenor, sanksi, dan sebagainya.

5. Pilih yang legal 

Pastikan Anda memilih layanan pinjol legal dan bereputasi baik untuk mencegah adanya praktik bisnis tidak etis. Entah itu ancaman, teror, penipuan, sampai penyalahgunaan data.

Sebab, pinjol legal beroperasi sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan OJK. Baik itu dari suku bunga yang dibebankan, denda, sampai cara penagihan hutang pinjol kepada nasabah galbay.

Kesimpulan

Anda bisa pastikan lebih dulu tujuan meminjam uang untuk apa agar bisa meminimalisir risiko gagal bayar pinjol. Selain itu juga bisa melindungi dari tindak penipuan atau sejenisnya.

BACA JUGA: 3 Alternatif Pinjol Khusus Karyawan dengan Bunga Lebih Rendah Tanpa Jaminan

Pastikan Anda tidak meminjam pinjol lebih dari 30 persen pendapatan Anda, agar Anda bisa lebih mudah mengalokasikan penghasilan untuk membayar cicilan tiap bulannya.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan layanan yang sudah legal OJK, serta memahami kebijakan yang ditetapkan untuk menghindari risiko praktik bisnis tidak etis.

Itulah 5 cara agar tidak jadi buronan DC pinjol dan skor kredit tetap aman. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: