Tiang Lampu PJU di Jalur Pantura Kabupaten Tegal Nyaris Roboh, Dinas Lakukan Ini

Tiang Lampu PJU di Jalur Pantura Kabupaten Tegal Nyaris Roboh, Dinas Lakukan Ini

EVAKUASI - Petugas mengevakuasi tiang lampu PJU di jalur pantura Tegal yang nyaris roboh--

RADAR TEGAL - Diduga tertabrak kendaraan berat, tiang lampu PJU di jalur pantura Kabupaten Tegal nyaris roboh. Karenanya, Dinas Perhubungan setempat langsung melakukan evakuasi agar tak membahayakan pengguna jalan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Budi Eko Setyawan melalui Kabid Prasarana dan Perlangkapan Jalan, M Noech mengatakan upaya evakuasi tiang lampu PJU di jalur Pantura itu dilakukan bersama Dishub Kota Tegal. Namun, untuk sementara belum bisa diganti karena terbentur anggaran.

"Demi keselamatan pengguna jalan, tiang Lampu PJU di jalur pantura tersebut kita copot. Namun, sementara waktu belum bisa diganti yang baru karena tidak ada dukungan anggaran," ujarnya Senin 22 Januari 2024.

Dia mengakui di tahun ini tidak ada dukungan anggaran pemeliharaan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Memang, sempat diusulkan anggaran untuk anggaran pemeliharaan PJU sebesar Rp 2,5 millar.

BACA JUGA: Data Penerangan Jalan Umum Kabupaten Pekalongan Belum Akurat, DPRD Minta Pemkab Lakukan Ini

"Namun, ajuan tersebut hanya disetujui oleh DPRD sebesar Rp850 juta saja. Sehingga, praktis hanya cukup untuk membayar honor THL dan perjalanan dinas dalam daerah, akibatnya anggaran untuk mendukung pemeliharaan lampu PJU sepanjang tahun ini tidak ada,"cetusnya.

Menurut dia, seyogyanya anggaran pemeliharaan lampu PJU tersebut untuk pengadaan suku cadang. Bila terjadi kerusakan, seperti trafo, MCB, timer dan lainnya. 

Kondisi tersebut masih diperparah dengan banyaknya aduan yang masuk dari warga terhadap padamnya LPJU baik di kawasan perumahan maupun di jalan utama. Pihaknya mengaku selama 4 tahun Dishub belum pernah mendapatkan gelontoran anggaran uintuk pemeliharaan lampu PJU.

"Ajuan tahun ini pun tidak terealisasi oleh badan anggaran. Sementara untuk anggaran penambahan titik LPJU tahun 2024 sesuai rencana akan direalisasi sebanyak 63 paket perkerjaan yang bersumber dari dana pokok pikiran DPRD," ungkapnya. (*)

Sumber: