Jangan Sepelekan, Ada 4 Resiko Besar Mengabaikan WhatsApp dan Telepon dari Debt Collector Pinjol

Jangan Sepelekan, Ada 4 Resiko Besar Mengabaikan WhatsApp dan Telepon dari Debt Collector Pinjol

Ilustrasi. Resiko mengabaikan WhatsApp dan telepon dari debt collector pinjol --

RADAR TEGAL - Aplikasi pinjol saat ini menjadi solusi cepat bagi siapapun yang sedang membutuhkan dana darurat. Tapi tahukah Anda terdapat resiko besar mengabaikan WhatsApp dan telepon dari debt collector pinjol?

 

Biasanya debt collector pinjol akan melakukan penagihan kepada nasabah yang telat bayar maupun galbay melalui pesan WhatsApp, email, maupun telepon secara berulang kali. Karena merasa terganggu kita pun kerap mengabaikannya.

 

Namun ternyata ada resiko besar mengabaikan WhatsApp dan telepon dari debt collector pinjol, yang mesti Anda ketahui. Apalagi terkadang banyak nasabah yang berakhir galbay, sehingga kerap mendapat teror dari debt collector pinjol.

 

Selain diteror lewat WhatsApp, email maupun telepon terkadang bisa saja debt collector pinjol datang ke rumah Anda untuk menagih hutang agar segera dilunasi. Namun jika Anda mengabaikan WhatsApp dan telepon dari debt collector pinjol apa yang akan menjadi resiko nantinya?

 

Anda mesti tahu beberapa resiko besar jika mengabaikan WhatsApp dan telepon dari debt collector pinjol, apa saja?

BACA JUGA: Ternyata Begini Cara DC Pinjol Lacak Nasabahnya, Apa Benar Gunakan Jasa Detektif?

1. Dampak terhadap Kredit dan Reputasi

 

Hal pertama resiko terbesar jika Anda mengabaikan WhatsApp dan telepon dari debt collector pinjol ini dapat berdampak buruk untuk skor kredit Anda. Pasalnya, ketika Anda telat bayar tagihan pinjol maupun gagal bayar akan masuk ke dalam Slik OJK.

 

Jika masuk ke dalam Slik OJK bahkan bisa saja di blacklist ini yang membuat Anda kesulitan untuk mengajukan pinjaman di bank, ataupun kredit kendaraan, kredit KPR atau pinjam uang di pinjol lainnya. Selain itu keterlambatan pembayaran ini dapat merusak reputasi finansial Anda.

 

2. Terdapat Biaya Denda Tambahan

 

Kemudian resikonya terdapat biaya denda tambahan, karena debt collector biasanya akan menambahkan biaya ini ke jumlah utang awal. Sehingga total yang harus Anda bayarkan akan semakin besar seiring berjalannya waktu.

 

3. Menghubungi Kontak Darurat

 

Saat Anda mengajukan pinjaman di pinjol biasanya masukkan data diri misal nama ibu kandung, alamat rumah, alamat kantor, nomor aktif, nomor darurat dan lain sebagainya. Namun jika Anda mengabaikan WhatsApp dan telepon dari debt collector pinjol, biasanya mereka akan menghubungi kontak darurat yang tertera.

 

Tentunya hal ini membuat kita merasa malu karena ketahuan meminjam uang di pinjol dan dapat menjadi beban mental menjadi terganggu.

BACA JUGA: Kenali 5 Tanda HP Diretas Setelah Install Aplikasi Pinjol Ilegal, Privasi Bisa Dikuras Habis

4. Gangguan Emosional

 

Yang terakhir yakni jika debt collector pinjol secara terus menerus menghubungi Anda melalui WhatsApp maupun telepon pastinya menimbulkan rasa cemas dan khawatir. Hal ini dapat terjadi gangguan emosional pada diri Anda.

 

Itulah ternyata resiko besar mengabaikan WhatsApp dan telepon dari debt collector pinjol yang mesti Anda ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: