Cek Segera! Ini Tanda-tanda IMEI HP Anda Telah Disadap oleh Pinjol Ilegal

Cek Segera! Ini Tanda-tanda IMEI HP Anda Telah Disadap oleh Pinjol Ilegal

Ilustrasi. Berikut ini tanda- tanda IMEI HP Anda telah Disadap oleh pinjol --

RADAR TEGAL - Kasus pinjol hingga saat ini masih menjadi permasalahan serius di tengah lingkungan masyarakat. Pasalnya terkadang ada pinjol yang menyadap HP nasabahnya. Oleh karena itu Anda mesti tahu tanda-tanda IMEI HP Anda telah disadap oleh pinjol.

 

Pasalnya banyak masyarakat awam yang masih belum tahu terjerat hutang pinjol ilegal. Sehingga mereka tidak menyadari tanda-tanda IMEI HP Anda telah disadap oleh pinjol.

 

Sebagian orang belum paham pinjol ilegal yang menawarkan pinjaman mudah dan cepat cair tetapi tanpa memberitahu suku bunganya yang tinggi. Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi, tanda-tanda IMEI HP Anda telah disadap oleh pinjol harus diketahui.

 

Apa saja tanda-tanda IMEI HP Anda telah disadap oleh pinjol? Simak ulasannya di sini.

 

BACA JUGA: Waspada! 2 Bantuan Pelunasan Hutang Pinjol Ini Ternyata Penipuan, Kebanyakan Korbannya Nasabah Galbay

 

Oleh sebab itu banyak masyarakat yang sulit melunasi hutang pinjol ilegal dan akhirnya diteror oleh debt collector pinjol yang bisa menyadap HP Anda. Karenanya, tanda-tanda IMEI HP Anda telah disadap oleh pinjol harus dipahami dengan baik.

 

Tanda-tanda IMEI HP Anda telah disadap oleh pinjol dan bahkan bisa melacak dokumen pribadi nasabah seperti mengetahui foto di galeri, mengakses kontak WhatsApp dan dokumen penting lainnya. Padahal sebenarnya OJK telah menetapkan aturan tentang akses pinjol yakni hanya boleh camera, microphone dan location.

 

Lalu apa saja tanda-tanda IMEI HP Anda telah disadap oleh pinjol? Berikut ini penjelasan selengkapnya:

 

1 Biasanya mendadak mendapatkan pesan maupun telepon dari nomor asing yang tidak kita kenali.

 

2. Kemudian terkadang ponsel kita tanpa disadari sering mendownload aplikasi asing secara tiba- tiba.

 

3. Kinerja ponsel kita mendadak berubah drastis misalnya baterai cepat habis dan lebih lemot tidak seperti biasanya.

 

Belakangan ini cara cek IMEI hp telah disadap oleh pinjol atau tidak sedang menjadi perbincangan hangat di tengah lingkungan masyarakat. Dalam teks yang tersebar di media sosial yakni cara cek IMEI dengan ketik *#06#. 

 

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Pinjaman Online Tanpa Verifikasi Wajah dan Selfie KTP, Langsung Cair Hitungan Menit

 

Selanjutnya, jika pada layar ponsel menunjukkan nomor IMEI disertai garis miring angka /1 berarti tandanya Anda sedang diawasi oleh Tim Cyber Mabes Polri dan jika muncul /2 tanda Anda sedang dalam proses penyergapan. 

 

Mengenai informasi tersebut menurut tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan fakta berita tersebut tidak benar. Karena untuk mengetahui nomor IMEI pada ponsel yakni *#06#, sedangkan tanda angka /1 dan /2 itu adalah nomor versi perangkat lunak dan bukan pertanda ponsel Anda sedang disadap.

 

Sebagai informasi tambahan, buat masyarakat awam jika memang sedang membutuhkan dana mendesak alangkah baiknya pinjam di aplikasi pinjol legal yang telah diawasi OJK. Namun harus digunakan secara bijak dan pastikan Anda menyanggupi pembayarannya, supaya tidak terlilit ke dalam hutang pinjol.

 

Nah itulah, tanda-tanda IMEI HP Anda telah disadap oleh pinjol. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: