Kenapa Pengajuan KUR BRI Ditolak? Simak Penyebab dan Tips Agar Pengajuan Tidak Lagi Kena Tolak

Kenapa Pengajuan KUR BRI  Ditolak? Simak Penyebab dan Tips  Agar Pengajuan  Tidak Lagi Kena Tolak

Kenapa Pengajuan KUR BRI Ditolak? Simak Penyebab dan Tips Agar Pengajuan Tidak Lagi Kena Tolak --

RADAR TEGAL- Setelah mendapat penolakan pasti timbul pertanyaan Kenapa pengajuan KUR BRI ditolak? Memang kabar penolakan selalu nampak mengecewakan.

Namun tidak dipungkiri Kredit Usaha Rakyat alias KUR  dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) tidak selalu disetujui untuk setiap permohonannya. Meskipun program KUR dirancang untuk mendukung pelaku usaha kecil dan menengah namun ada beberapa penyebab kenapa pengajuan KUR BRI ditolak.

Salah satunya karena keputusan pemberian pinjaman tetap bergantung pada sejumlah faktor yang dinilai oleh pemberi pinjaman. Daripada sibuk mempertanyakan kenapa KUR BRI ditolak, alangkah baiknya Anda membenahinyanya sekaligus mencari tau penyebab Kredit Usaha Rakyat (KUR) ditolak.

Pertanyaan kenapa KUR BRI ditolak jangan lagi Anda pikirkan. Berikut Penyebab KUR BRI yang Anda perlu ketahui, sehingga bisa membantu memecahkan pertanyaan Anda tersebut.

BACA JUGA: Cara Pengajuan KUR BRI 2024 Secara Online, Pinjaman Rp100 Juta dengan Bunga Rendah dan Syarat Mudah

Penyebab Pengajuan KUR BRI Gagal

1. Tidak Memiliki Usaha atau Usaha Tidak Layak

Pertimbangan pertama yang sangat penting adalah syarat utama untuk pengajuan KUR BRI, yaitu memiliki usaha UMKM yang dianggap produktif dan layak. Bagi kamu yang belum memiliki usaha atau usahanya dinilai tidak memenuhi kriteria, pintu untuk mendapatkan KUR BRI akan tertutup rapat.

Setiap usaha wajib sudah beroperasi minimal 6 bulan agar dapat dianggap sebagai kandidat yang potensial. Jika kamu belum memenuhi syarat wajib ini sebaiknya tunda terlebih dahulu keinginan mengajukan pinjaman KUR.

2. Terdaftar dalam SIKP (Sistem Informasi Kredit Program)

Jika seorang nasabah pernah atau sedang memiliki pinjaman komersial di BRI atau bank lain, kemungkinan pengajuan KUR dapat ditolak. Karena dianggap sebagai risiko.
SIKP, sebagai sistem informasi kredit program, memiliki peran penting dalam memilih calon debitur yang lolos tahapan pengajuan.

3. Mempunyai Pinjaman di Bank atau Lembaga Lain

Pengajuan KUR dapat ditolak jika nasabah memiliki pinjaman di lembaga lain yang disubsidi oleh pemerintah. Ini mencakup pinjaman dari PNM, Mekar, KUR Pegadaian, atau KUR dari bank lain, data tersebut bisa didapatkan bank dari SIKP.

4. Angsuran Konsumtif yang Menunggak

Sumber: