Butuh Biaya untuk Kampanye, Caleg di Bondowoso, Jatim, Jual Ginjal untuk Operasional Pencalegannya

Butuh Biaya untuk Kampanye, Caleg di Bondowoso, Jatim, Jual Ginjal untuk Operasional Pencalegannya

GINJAL - Seorang caleg di Bondowoso, Jawa Timur, siap jual ginjal untuk keperluan operasional Pemilu 2024.--

RADAR TEGAL - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang tinggal kurang dari sebulan, ternyata banyak menyimpan cerita unik. Misalnya seorang calon anggota legislatif (caleg) di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, yang siap jual ginjal untuk operasional pencalegannya.

Caleng yang tengah menjadi perbincangan masyarakat itu adalah Erfin Dewi Sudanto. Dia menjadi buah bibir publik lantaran kesediaannya siap jual ginjalnya untuk operasional Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 nanti.

Caleg di Bondowoso, Jatim, yang siap jual ginjal miliknya itu berasal dari Desa Bataan Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Erfin sendiri sudah terdaftar namanya dalam Daftar Calon Tetap (DCT) KPU Kabupaten Bondowoso.

Terkait pencalegannya, Erfin mengaku, mencalonkan dirinya sebagai calon anggota DPRD kabupaten Bondowoso, berdasarkan hati nuraninya. Yakni niat tulus untuk mengabdikan dirinya untuk warga dan masyarakat Bondowoso. 

"Jiwa raga saya untuk masyarakat," katanya, Selasa 16 Januari 2024.

Caleg di Bondowoso jual ginjal

Mengutip Kantor Berita RMOLJatim, menurut Erfin, dia sudah membuat surat pernyataan terkait jual beli ginjalnya. Hanya saja dalam surat tersebut, dia tidak mencantumkan berapa nominal ginjal yang akan dia jual untuk operasional tersebut.

"Karena ginjal tidak ada pabriknya. Jadi tidak bisa ditentukan," ungkapnya lagi.

Meski begitu Erfin juga menerapkan standar yang tinggi terkait nitanya tersebut. Dia tidak akan sembarangan menjual ginjalnya kepada orang lain.

Tetapi ada sejumlah kriteria yang sudah dia tentukan. "Punya niatan baik terhadap kaum dhuafa, anak yatim, janda sepuh, dan sebagainya." 

Erfin tak menampik sudah mengantongi peminat yang sesuai dengan kriterianya. Namun Erfin masih harus mendiskusikan niatnya, dengan duduk bareng untuk menentukan harga yang akan disepakati.

Demikian informasi tentang seorang caleg di Bondowoso, Jatim, yang siap jual ginjal untuk operasional pencalegannya di Pemilu 2024 mendatang. (*)

Sumber: