Tim Safety Riding Astra Motor Jateng Ungkap Tips Cari Aman Berkendara Usai Liburan Panjang

Tim Safety Riding Astra Motor Jateng Ungkap Tips Cari Aman Berkendara Usai Liburan Panjang

--

RADAR TEGAL - Liburan panjang akhir tahun telah usai, tim safety riding Astra Motor Jateng melihat ada perubahan pola berkendara setelah masa liburan.

Orang mulai sibuk bekerja atau bersekolah kembali, aktifitas yang biasa santai selama liburan sudah berubah seiring padatnya jadwal kegiatan.

Kini aktivitas kembali padat dan harus berkejar – kejaran dengan waktu serta menyesuaikan keadaan diri dengan situasi jalanan yang padat.

Melihat kenyataan tersebut, tim safety riding Astra Motor Jateng memberikan tip cari aman berkendara dengan suasana yang baru setelah liburan.

Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto mengatakan, aktivitas yang meningkat setelah liburan ini seringkali tidak diikuti kesadaran atau daya fokus akan keselamatan dalam berkendara.

“Coba ikuti tips yang diberikan untuk meningkatkan kewaspadaan yang pastinya berdampak besar untuk menambah faktor keselamatan. Tidak sulit untuk menerapkannya agar resolusi tahun 2024 mudah dan lancar dalam mencapainya,” ucap Oke.

Berikut tips #Cari_Aman bagi bikers untuk memulai aktivitas berkendaranya pasca liburan panjang ala tim safety riding Astra Motor Jateng.

1.        Tetap mengecek kendaraan kita sebelum beraktivitas

Setelah digunakan untuk liburan atau hanya sekedar ditinggal begitu saja usai liburan panjang, ada baiknya bikers melakukan pengecekan seluruh bagian kendaraan.

Hal tersebut sebagai langkah persiapan meningkatnya aktifitas agar saat berkendara motor dalam kondisi yang prima.

2.        Tetap waspada dan hati – hati dalam berkendara

Seiring dengan meningkatnya kembali aktivitas jalanan seusai liburan, volume kendaraan tentu kembali memadat sehingga diperlukan fokus dan kewaspadaan dijalan selama berkendara demi menjaga keselamatan diri dan juga pengendara lain.

3.        Cermati cuaca dan potensi alam yang mungkin terjadi

Curah hujan yang meningkat dibulan Januari hingga Februari akan menyebabkan jalanan lici. Bahkan dibeberapa tempat, terdapat juga jalanan berlubang yang tergenang air, sedangkan aktivitas berkendara tetap padat sesuai dengan jam pergi dan pulang sekolah atau kerja.

Pastikan bikers memiliki cadangan jas hujan dan sebaiknya tidak terburu – buru di jalan yang licin serta menyusuri jalanan yang sudah sering dilewati agar benar – benar memahami medan jalanan yang dilalui (menghindari lubang, dst).

Pastikan mengikuti perkembangan berita untuk daerah – daerah yang rawan menggenang, banjir, longsor, atau hujan angin yang berpotensi terjadi pohon tumbang

4.        Hindari penggunaan ponsel secara aktif saat berkendara

Liburan menyebabkan aktiftas penggunaan ponsel meningkat sehingga perlu dibatasi agar tidak menggunakannya saat berkendara karena menyebabkan gangguan konsentrasi dan kemampuan memahami sekitar.

5.        Pastikan kelengkapan surat berkendara

Aktifitas liburan membuat penyimpanan surat mungkin bisa berubah karena pindah dompet atau tas saat liburan. Pastikan bikers mengecek kembali kelengkapannya dan pastikan masa perpanjangan SIM, STNK dan pajak kendaraan masih berjalan

6.        Jangan berkendara saat badan dalam kondisi tidak fit

Bila badan dalam kondisi yang tidak fit, sebaiknya jangan dipaksakan untuk beraktivitas atau berkendara. Selain itu bila minum obat, pastikan juga obat tidak menimbulkan rasa kantuk karena berkendara dalam kondisi mengantuk berpotensi fatal bila kehilangan focus.

“Selamat beraktifitas, tetap fokus dan jaga keselamatan dalam berkendara. Keluarga menunggu di rumah menanti kadatangan anda,” pungkas Oke.

Sumber: