HIMASI UPS Bersih Sampah Pantai Kampung Tirang Tegal Bersama DLH

HIMASI UPS Bersih Sampah Pantai Kampung Tirang Tegal Bersama DLH

AKSI- DLH dan HIMASI UPS Tegal saat aksi bersih sampah di Pantai Kampung Tirang, Kelurahan Tegalsari, Minggu (13/1).--

RADAR TEGAL - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Akuntasi (HIMASI) Universitas Pancasila (UPS) Tegal melakukan bersih sampah yang ada di tepi Pantai Kampung Tirang, Kelurahan Tegalsari. Kegiatan yang berlangsung pada Minggu 31 Januari 2024 itu, menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat. 

Kegiatan bersih sampah pantai kampung tirang Tegal itu, merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat. Sehingga, para mahasiswa secara serentak membersihkan sampah di sana.

Ketua Panitia HIMASI UPS Tegal Peduli Lingkungan Vina Wijayanti Anasyifa mengatakan pihaknya sengaja melakukan kegiatan bersih pantai kampung tirang. Sebab, saat ini sudah terlihat banyak sampah, bahkan lebih banyak dari lokasi lainnya.

"Kegiatan bersih sampah pantai di Kampung Tirang Tegal ini sengaja kita lakukan. Sebab sampahnya lebih banyak dari pantai lainya,"katanya.

BACA JUGA: Orang Tua dan Wali Siswa SD Negeri Margadana 4 Tegal Ikuti Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Selain jumlah sampah yang banyak, kata Vina, pemilihan lokasi juga karena letaknya yang strategis. Sebab itu, selain pembersihan pantai juga dilakukan penanaman mangrove.

"Selain melakukan pembersihan pantai, kita juga melakukan sosialisasi, penanaman magrove. Serta edukasi dampak buruk putung rokok," ujarnya.

Sementara Ketua Umum HIMASI Aninditha Mei Rosaldy mengungkapkan kegiatan bersih sampah di pantai kampung tirang Tegal dan lainnya merupakan pengabdian masyarakat. Untuk bersama dalam membersihkan dan peduli lingkungan. 

"Kegiatan baru tahun ini. Dari Devisi Advokasi untuk pengabdian masyarakat agar peduli lingkungan,"ujarnya.

BACA JUGA: Produksi Sampah Kota Tegal 200 Ton per Hari, Baru 15 Kelurahan yang Miliki Bank

Adapun Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Tegal Indriati Winarti menyampaikan terima kasih kepada HIMASI Peduli Lingkungan. Sebab telah bersama dalam pelestarian lingkungan. 

"Sehingga dapat secara bersama membersihkan pantai yang ada di Kampung Tirang. Kami berharap program itu terus berjalan, dan dapat ditiru kampus lain,"ungkapnya.

Dewan Perwakilan Remaja Tegal Sekar Wulandari mengatakan selain bersih pantai, juga dilakukan pengambilan putung rokok yang dapat merusak lingkungan. Terutama kesehatan masyarakat sekitar.

"Kami juga melakukan pembersihan sampah yang berupa putung rokok. Karena tidak baik untuk kesehatan,"pungkasnya. 

Sumber: