4 Alasan Pinjol Bukan Solusi Pinjaman Uang yang Tepat, Justru Malah Bisa Jadi Masalah Besar

4 Alasan Pinjol Bukan Solusi Pinjaman Uang yang Tepat, Justru Malah Bisa Jadi Masalah Besar

Ini dia alasan pinjol bukan solusi pinjaman uang yang tepat --

RADAR TEGAL - Pastinya kalian sudah tak asing lagi mendengar istilah pinjol yang memang saat ini begitu familiar. Pinjol jadi solusi pelarian saat kita membutuhkan dana darurat. Namun tahukah Anda ternyata ada alasan pinjol bukan solusi pinjaman uang yang tepat loh.

 

Alasan pinjol bukan solusi pinjaman uang yang tepat ternyata karena justru bisa menimbulkan masalah besar. Meskipun memang pinjol memberikan kemudahan saat mengajukan pinjaman dan berkas yang dibutuhkan cukup KTP saja, saldo langsung masuk ke rekening sekian menit.

 

Bahkan pinjol ini menawarkan, semakin rajin menggunakan maka limit Anda semakin tinggi dan bisa mengajukan pinjaman dengan jumlah besar. Meski demikian jangan terburu-buru mengajukan ya. Anda harus tahu alasan pinjol bukan solusi pinjaman uang yang tepat, sebagai antisipasi ke depannya.

 

Berikut ini adalah alasan pinjol bukan solusi pinjaman uang yang tepat, malah bisa jadi masalah besar. Simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 7 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol dalam Waktu Cepat, Bebaskan Dompetmu dari Tagihan yang Membebani Hidup

Alasan pinjol bukan solusi pinjaman uang yang tepat

1. Suku Bunga yang Tinggi dan Biaya Tersembunyi

 

Untuk yang pertama yakni ciri khas dari pinjol terdapat suku bunga yang tinggi dibandingkan Anda meminjam uang di lembaga keuangan tradisional. Selain itu biasanya terdapat biaya tersembunyi seperti biaya administrasi, asuransi maupun biaya keterlambatan yang tentu ini dapat mengganggu masalah keuangan Anda.

 

2. Tidak Mendorong Kebiasaan Keuangan yang Sehat

 

Selanjutnya jika Anda keseringan ngutang di pinjol ini bisa menyebabkan kecanduan dan dapat mengganggu masalah keuangan Anda seperti tidak bisa menabung, tidak bisa perencanaan keuangan jangka panjang. Akibatnya seseorang mungkin kesulitan keuangan yang berulang dan uang setiap bulannya hanya untuk membayar tagihan saja.

 

3. Kehilangan Privasi dan Keamanan Data

 

Seperti kita tahu saat pengajuan pinjol pasti dibutuhkan data diri seperti KTP, nomor telepon, nomor rekening, alamat rumah, alamat kantor dan lain sebagainya. Namun masalahnya terkadang terdapat platform pinjol tidak memiliki keamanan data yang memadai.

 

Oleh karena itu resikonya data nasabah bisa dicuri dan dapat disalahgunakan untuk hal yang tidak baik. Bahkan bisa menyebabkan masalah finansial dan keuangan yang lebih besar daripada manfaat yang diperoleh dari pinjaman tersebut.

 

BACA JUGA: Penting Diketahui, Ini 4 Kerugian Menggunakan Layanan Pinjol Ilegal, Bisa Masuk Pidana Loh

 

4. Siklus Utang yang Berbahaya

 

Saat Anda meminjam hutang pinjol, awalnya mungkin bisa membayar kemudian pinjam lagi dan lama kelamaan akan sulit membayar dan berakhir galbay (gagal bayar). Karena suku bunga yang tinggi dan terdapat denda jika terlambat ini yang membuat nasabah bisa terlilit hutang pinjol.

 

Itulah alasan pinjol bukan solusi pinjaman uang yang tepat, justru malah jadi malah besar. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: