Pertanyaan yang Muncul Seputar KUR BRI, Temukan Semua Jawabannya di Sini

Pertanyaan yang Muncul Seputar KUR BRI, Temukan Semua Jawabannya di Sini

ILUSTRASI - Orang Lain Juga Bertanya seputar KUR BRI--(sumber foto pinterest)

RADAR TEGAL - Setelah memasuki awal tahun 2024 mungkin ada yang bertanya-tanya perihal KUR BRI. KUR adalah Kredit Usaha Rakyat bagi pelaku usaha dengan berlakunya syarat tertentu. Sedangkan orang lain juga bertanya mengenai hal-hal lain tentang kredit murah tersebut.

Kaitannya tentang orang lain juga bertanya seputar KUR BRI akan menjadi bahasan pada artikel ini. Sehingga akan memberikan informasi mengenai hal ini bagi Anda. Sebab mungkin Anda juga menjadi salah satu orang yang mempertanyakan hal-hal ini.

Orang lain juga bertanya mengenai siapa saja yang dibiayai pada program KUR. Pelaku usaha yang berhak mendapatkan pinjaman dana dari program kredit usaha rakyat yaitu individu atau badan usaha yang mempunyai usaha produktif dan layak. Diantaranya usaha pada bidang pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan (sektor 4P), serta berbagai bidang lainnya.

Lebih lanjut mengenai orang lain juga bertanya pada KUR BRI dapat Anda baca pada artikel ini. Simak selengkapnya hingga selesai.

BACA JUGA: Syarat Pinjaman KUR BRI 2024 Tanpa Jaminan untuk Plafon Sampai dengan 100 Juta

Pertanyaan seputar KUR BRI

1. Sasaran KUR BRI

Pada dasarnya program KUR ditujukan untuk pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM). Sehingga merujuk pada program tersebut, Bank BRI mempunyai kebijakan dalam KUR BRI mengenai siapa yang berhak menerima KUR BRI.

Yaitu calon debitur yang mempunyai suatu usaha produktif dan layak, serta tidak menerima kredit lainnya. Namun terdapat pengecualian bagi pelaku usaha yang menerima kredit konsumsi untuk  keperluan rumah tangga, kredit skema/skala ultra mikro.

Selain itu pinjaman pada perusahaan layanan pendanaan bersama, di mana penerima kedit tersebut tetap dapat melakukan pengajuan pinjaman KUR pada BRI. Kemudian syarat penting lainnya yaitu pelaku usaha yang sudah berusia 21 tahun.

Sekalipun belum mencapai usia tersebut asalkan sudah menikah. Serta usaha sudah berjalan minimal 6 bulan.

2. Apakah Perlu Jaminan?

Pertanyaan ini kerap menjadi pertanyaan dalam "orang lain juga bertanya" mengenai jaminan. KUR BRI menyediakan beberapa jenis pinjaman dalam program KUR. Di mana terdapat jenis KUR yang tidak perlu menyertakan jaminan, dan jenis lainnya yang memerlukan jaminan.

Pertama untuk pinjaman tanpa jaminan yaitu Anda dapat mengajukan pinjaman pada jenis KUR Mikro dengan palfond Rp10 juta hingga Rp100 juta. Sedangkan untuk pinjaman dengan jaminan yaitu pengajuan pinjaman dalam jenis KUR Kecil, di mana palfond pinjaman Rp100 jutaa hingga Rp500 juta.

Sumber: