Syarat Pinjaman KUR BRI Tanpa Jaminan, Limit Hingga Rp100 Juta, Simak Syarat Mudahnya!

Syarat Pinjaman KUR BRI Tanpa Jaminan, Limit Hingga Rp100 Juta, Simak Syarat Mudahnya!

ILUSTRASI - Syarat Pinjaman KUR BRI Tanpa Jaminan--(sumber foto pinterest)

RADAR TEGAL - Rakyat Indonesia apabila ingin mendirikan usaha tetapi bingung, sebab tidak mempunyai modal, tenang saja. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ada program KUR atau Kredit Usaha Rakyat tanpa jaminan. Sebab itu artikel ini akan membahas mengenai syarat pinjaman KUR BRI tanpa jaminan.

Mungkin masih ada yang asing dengan program KUR itu sendiri. KUR adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan meminjamkan sejumlah dana tertentu, dengan bank sebagai kreditur. Program ini menawarkan pinjaman tanpa jaminan, berikut syarat pinjaman KUR BRI tanpa jaminan.

Lebih lanjut mengenai syarat pinjaman KUR BRI tanpa jaminan yaitu pada batas tertentu. Apabila meminjam di atas batas yang ditentukan maka perlu adanya agunan. Sedangkan untuk agunannya bisa apa saja, sesuai dengan perhitungan yang akan dilakukan oleh pihak bank.

Program KUR ini menjadi sangat bermanfaat bagi kemajuan perekonomian rakyat Indonesia. Sebab itu mari simak selengkapnya mengenai syarat pinjaman KUR BRI tanpa jaminan.

BACA JUGA: Cara Pengajuan KUR BRI Online hingga 100 Juta Tanpa Jaminan dan Bunga Rendah

Syarat pinjaman melalui KUR BRI tanpa jaminan, sebagai berikut:

1. Pinjaman Tanpa Jaminan

Jaminan atau agunan adalah suatu aset berharga yang jelas akan kepemilikannya, di mana kelak akan diserahkan oleh debitur kepada pihak bank sebagai kreditur. Dengan adanya jaminan ini maka transaksi pinjaman dapat berjalan lancar.

Agunan sendiri berfungsi sebagai pejamin apabila debitur tidak mampu melunasi pinjaman ini, maka aset yang dijadikan sebagai jaminan akan disita oleh pihak kreditur.

Sedangkan melalui program KUR BRI sendiri para debitur bisa menenangkan diri, sebab KUR BRI memiliki kebijakan bahwa adanya pinjaman tanpa jaminan. Syarat pinjaman KUR BRI tanpa jaminan yaitu apabila pinjaman plafond mencapai Rp100 juta. Di mana apabila pinjaman melebihi Rp100 juta hingga Rp500 juta maka dibutuhkannya agunan debitur.

Sedangkan untuk jenis pinjaman tanpa jaminan yaitu debitur dapat memilih KUR BRI Super Mikro dan KUR BRI Mikro. KUR Super Mikro adalah jenis pinjaman yang dapat diberikan kepada pihak yang diPHK dan IRT dengan usaha produktif yang layak. Sementara itu untuk KUR Mikro yaitu pelaku usaha yang mempunyai bisnis layak dalam sektor 4P (Pertanian, Perikanan, Peternakan, Perekebunan) atau selain sektor 4P.

BACA JUGA: Program KUR BRI 2024 Bunga Rendah Tenor Panjang, Bisa Pinjam Hingga Rp400 Juta

2. Syarat Lainnya

Setelah penjelasan di atas mengenai pinjaman KUR BRI tanpa jaminan, selanjutnya perlu diingat bahwa ketika akan melakukan pengajuan. Perhatikan kembali syarat lainnya dan kelengkapan dokumen. Berikut syarat pengajuan KUR BRI:

  • Sudah berusia 21 tahun, jika belum berusia 21 tahun namun sudah menikah
  • Mempunyai usaha produktif dan layak minimal 6 bulan
  • Pastikan kembali limit pinjaman yang dibutuhkan, apabila melebihi Rp100 juta harus membawa dokumen aset untuk dijadikan sebagai jaminan
  • Kelengkapan dokumen yaitu surat izin usaha, KTP, KK.

Sumber: