Bebas dari Stress, Ketahui 4 Cara Ampuh Lunasi Tagihan Pinjol yang Menumpuk dengan Langkah Sederhana

Bebas dari Stress, Ketahui 4 Cara Ampuh Lunasi Tagihan Pinjol yang Menumpuk dengan Langkah Sederhana

UTANG PINJOL - Bebas dari Stress, Ketahui 4 Cara Ampuh Lunasi Tagihan Pinjol yang Menumpuk dengan Langkah Sederhana-ekonomi-radar tegal

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menganalisis pemasukan dan pengeluaran Anda. Hal ini penting untuk mengetahui berapa banyak uang yang Anda miliki setiap bulannya.

Jika pemasukan Anda lebih kecil dari pengeluaran Anda, Anda perlu mencari cara untuk mengurangi pengeluaran Anda. Anda bisa mulai dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting, seperti jajan, belanja online, atau berlangganan layanan yang tidak Anda gunakan.

2. Buat anggaran

Setelah Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda miliki setiap bulannya, Anda perlu membuat anggaran. Anggaran akan membantu Anda untuk mengatur pengeluaran Anda agar tidak melebihi pemasukan Anda.

BACA JUGA: 7 Cara Bersihkan Hutang Pinjol dalam Waktu Cepat, Kiat Sukses Bikin Dompet Bebas dari Beban

Dalam anggaran, Anda perlu memasukkan semua pengeluaran Anda, termasuk utang pinjol. Anda juga perlu menetapkan target pelunasan utang pinjol Anda.

3. Tingkatkan pemasukan

Jika Anda merasa sulit untuk melunasi utang pinjol hanya dengan mengurangi pengeluaran Anda, Anda bisa mencoba untuk meningkatkan pemasukan Anda. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan atau memulai bisnis kecil-kecilan.

Jika Anda memiliki keterampilan khusus, Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada orang lain. Anda juga bisa mencoba untuk berinvestasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Hubungi penyedia pinjol

Jika Anda mengalami kesulitan untuk melunasi utang pinjol, jangan ragu untuk menghubungi penyedia pinjol. Beberapa penyedia pinjol mungkin bersedia untuk bernegosiasi tentang rencana pembayaran yang lebih baik.

BACA JUGA: Mengetahui Batas Pinjol dalam Menagih Utang, Cegah Penagihan yang Tidak Etis terhadap Nasabah

Anda bisa meminta perpanjangan waktu pembayaran atau penurunan bunga. Anda juga bisa meminta keringanan pembayaran, seperti penghapusan sebagian tagihan atau denda.

Tips tambahan

Berikut ini adalah beberapa tips tambahan terkait cara ampuh lunasi tagihan pinjol yang menumpuk:

  • Hindari gali lubang tutup lubang

Sumber: