Hati-hati dengan Produk Palsu, Kenali Ciri-ciri Minyak Zaitun Asli Sebelum Membeli dan Menggunakannya

Hati-hati dengan Produk Palsu, Kenali Ciri-ciri Minyak Zaitun Asli Sebelum Membeli dan Menggunakannya

Waspada Penipuan Minyak Zaitun! Begini Kenali Ciri Ciri Minyak Zaitun Asli yang Harus Anda Tau--

RADAR TEGAL- Fakta minyak zaitun rentan mengalami pengoplasan, harus menjadi perhatian banyak pihak sekarang ini. Karena itu, artikel ini akan membahas tentang cara mengetahui keasliannya dengan memperhatikan ciri-ciri minyak zaitun asli

Kejelian untuk mengetahui ciri-ciri minyak zaitun asli, tidak hanya berlaku bagi minyak zaitun yang dilabeli dengan harga murah. Karena minyak zaitun yang dihargai mahal pun, belum tentu menjamin keasliannya.   

Dengan mempertimbangkan ciri-ciri minyak zaitun asli sebelum mengkonsumsinya, merupakan hal sangat penting untuk membantu Anda menghindari produk palsu yang tidak berkualitas. Sehingga dapat menghindarkan Anda dari produk yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya.

Lantas bagaimana cara mengetahui ciri-ciri minyak zaitun asli? Silakan simak pembahasan detailnya di bawah ini sampai selesai.  

BACA JUGA: Ketahui 6 Manfaat Penggunaan Minyak Zaitun pada Malam Hari, Salah Satunya Bisa Mencegah Kulit Keriput

Cara memeriksa keaslian minyak zaitun

1. Mencium Aromanya

Hal paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian minyak zaitun, yaitu dengan mencium aromanya.

Jika aroma minyak terasa segar, maka bisa dipastikan minyak tersebut asli. Sementara, jika tidak ada aroma apapun yang tercium atau justru berbau tengik, basi, apek, maka ini salah satu tanda bahwa minyak zaitun tersebut tidak terbuat dari buah zaitun murni.

2. Perhatikan Rasanya

Selain ciri-ciri minyak zaitun asli yang dapat Anda ketahui dengan mencium aromanya, untuk memastikan lagi silahkan Anda coba rasakan minyak zaitun agar tahu apakah asli atau tidak.

Tidak perlu banyak-banyak, cukup cicipi beberapa tetes dan rasakan di lidah. Jika ada citarasa seperti rumput, buah, sayuran, sedikit rasa pahit, pedas, merica, dan mentega, itu berarti minyak tersebut asli dan terbuat dari buah zaitun yang murni.

3. Menelan Minyak

Cara cek minyak zaitun yang asli atau tidak bisa juga dilakukan dengan menelannya, khususnya jika Anda membeli minyak zaitun yang memang bisa dikonsumsi (bukan minyak untuk urut).

Sumber: