4 Dampak Negatif Pakai Paylater, Stop Sekarang Juga atau Menyesal di Kemudian Hari

4 Dampak Negatif Pakai Paylater, Stop Sekarang Juga atau Menyesal di Kemudian Hari

Ilustrasi dampak negatif pakai Paylater --Freepik

RADAR TEGAL - Seperti kita ketahui, saat ini banyak platform e-commerce seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya yang menawarkan fitur paylater yang menawarkan kemudahan. Namun sebelum tahukah Anda dampak negatif pakai Paylater?

 

Paylater ini bisa memudahkan Anda belanja apapun di toko online sesuai dengan jumlah limit pada aplikasi dan bisa belanja sekarang bayar nanti, sesuai dengan jatuh tempo yang telah ditentukan. Meskipun menarik Anda mesti tahu dampak negatif pakai Paylater apa saja.

 

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya. Karena di dalamnya akan mengulas tentang dampak negatif pakai paylater.

 

Apa sajakah itu? Berikut ini adalah dampak negatif pakai paylater yang mesti kamu ketahui.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Paylater BCA, Bisa Jadi Solusi Pinjaman Selain Pinjol

Dampak negaif pakai paylater

1. Kecanduan Belanja

 

Untuk yang pertama dampak negatif pakai Paylater yakni kecanduan belanja barang- barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Saat kondisi keuangan Anda menipis memiliki kebutuhan membeli sesuatu bisa menimbulkan ketergantungan pakai Paylater.

 

Oleh karena itu disarankan jika memang butuh barang sesuatu, alangkah baiknya untuk menabung terlebih dahulu.

 

2. Menimbulkan Kebiasaan Ngutang

 

Seperti kita tahu fitur paylater memberikan kebiasaan ngutang dulu. Tentu ini memudahkan pengguna belanja sesuatu dengan sistem bayar sesuai dengan jatuh tempo dari 1 bulan hingga 12 bulan. 

 

Namun jangan terlena membayar menggunakan paylater karena terdapat biaya admin lumayan besar dan bahkan suku bunga pun bisa sangat tinggi. Jika Anda tidak bisa membayarnya maka hutang tersebut akan bertambah dan sulit keluar dari jeratan hutang.

BACA JUGA: Galbay Pinjol dan Paylater Bersamaan yang Mana Harus Dilunasi Lebih Dulu? Begini Caranya

3. Mengurangi Nilai Skor Kredit

 

Penggunaan paylater yang berlebihan dan menimbulkan tidak mampu membayar atau telat bayar tagihan bisa mengurangi nilai skor kredit Anda yang berdampak ke depannya akan sulit mengajukan pinjaman di bank manapun. Karena aplikasi yang menyediakan fitur paylater ini resmi diawasi OJK.

 

4. Perencanaan Uang Terganggu

 

Untuk yang terakhir dampak negatif pakai paylater yakni perencanaan uang Anda terganggu karena yang biasanya uang sisa untuk ditabung ini malah lari untuk membayar tagihan setiap bulannya. Sebagai informasi tambahan, fitur paylater memang memberikan kemudahan untuk belanja di saat kondisi keuangan tidak mumpuni.

 

Namun penggunaan paylater yang tidak bijak bisa menyebabkan masalah finansial yang besar. Oleh karena itu sebaiknya pikirkan terlebih dahulu jika ingin menggunakan paylater tersebut sebelum nantinya menyesal di kemudian hari.

 

Demikian informasi dampak negatif paylater yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: