Kiat Mudah Merawat Baterai Motor Listrik Agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak, Catat ya

Kiat Mudah Merawat Baterai Motor Listrik Agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak, Catat ya

cara merawat baterai motor listrik--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

2. Hindari Mencharger Baterai Secara Berlepbihan

Salah satu kesalahan umum dalam merawat baterai sepeda motor listrik adalah mengabaikan keadaan baterai saat melakukan pengisian daya.

Baterai sepeda motor listrik sebaiknya diisi daya ketika level daya mencapai sekitar 20-30%. Pengisian daya hingga penuh setiap saat dapat mempercepat degradasi baterai.

Oleh karena itu, penting untukpengisian daya baterai motor listrik Anda. Pastikan juga untuk menghentikan pengisian daya begitu baterai mencapai level penuh.

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Listrik Honda, Transformasi Kendaraan Ramah Lingkungan dan Hemat Biaya Saat Ini

3. Jangan Biarkan Baterai Kosong

Hindari menguras baterai hingga habis Hal ini karena sama  seperti overcharging. Ketika Anda menguras baterai hingga habis bisa mengakibatkan kerusakan baterai dan mempersingkat umur pakainya.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan motor listrik dengan baterai di atas 30%-20%. Jika sudah melebihi batas itu, segeralah charging baterai dengan kisaran suhu 20 sampai 25 derajat celsius.

4. Selalu Perhatikan Indikator dan Perubahan pada Baterai

Cara merawat baterai motor listrik agar awet dan tahan lama juga di pengaruhi oleh indikator dan perubahan pada baterai. Maka dari itu, selalu perhatikan indikator baterai pada panel motor listrik agar ketika terjadi masalah Anda bisa langsung mengetahuinya.

Akhir kata

Jadi itulah, ke empat cara merawat baterai motor listrik agar tahan lama dan tidak cepat rusak. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga performa baterai sepeda motor listrik Anda agar tetap optimal dan tahan lama. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: