Cara Kerja AC Portabel yang Benar, Lakukan Hal ini Agar Punya Kinerja Maksimal dan Tahan Lama

Cara Kerja AC Portabel yang Benar, Lakukan Hal ini Agar Punya Kinerja Maksimal dan Tahan Lama

Cara Kerja AC Portabel yang Benar serta Tips Agar Kinerjanya Maksimal--freepik and personal editing By Canva

RADAR TEGAL - Cara kerja AC portabel mungkin hampir sama dengan AC dinding. Namun keduanya tentu memiliki beberapa hal yang tentunya berbeda.

Cara kerja AC portabel ini perlu kamu tahu agar saat memilikinya kamu tidak bingung dengan pemakaiannya. Mengetahui hal ini tentunya penting untuk menghindari kesalahan dan kerusakan karena salah melakukan pengoperasian.

Cara kerja AC portabel yang maksimal ini bisa juga kamu lakukan dengan beberapa cara. Orang-orang saat ini memang sedang melirik AC model ini kiarena lebih ringkas.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan membahas tentang cara kerja AC portabel dan tips agar kinerjanya maksimal. Simak pembahasan kali ini karena akan bermanfaat untuk kamu gunakan.

BACA JUGA:5 Smart AC Terbaik 2024 dengan Banyak Fitur Pintar dan Koneksi dari HP

Cara kerja AC portabel yang benar dan tipsnya

  1. Pertama, persiapkan bahan pendingin AC, seperti air dingin atau es yang telah dibekukan selama setidaknya empat jam sebelum digunakan.
  2. Setelah itu, masukkan jumlah air atau es yang dibutuhkan. Kemudian, hubungkan kabel AC ponsel ke listrik dan hidupkan selama sekitar lima belas menit.
  3. Pastikan Anda menutup pintu saat melakukan langkah-langkah tersebut. Ini karena udara panas dari luar hanya dapat menghentikan
  4. Bagian belakang berbentuk kipas akan digunakan untuk menyedot udara di dalam ruangan pada langkah berikutnya. Selain itu, udara akan bersentuhan dengan air dingin atau es.
  5. Saat itu, udara panas akan menyerap partikel air. Banyaknya air yang diserap bergantung pada kelembapan udara.
  6. Sampai di sana, proses penguapan akan dilakukan untuk menurunkan suhu udara semaksimal mungkin. Pertukaran energi terjadi ketika molekul air berubah menjadi gas. Temperatur udara turun dan menjadi lebih sejuk.

Tips agar kinerja maksimal adalah sebagai berikut:

1. Tutup ruangan

Tips yang pertama ini tentunya adalah sama seperti menggunakan AC dinding. Ruangan yang akan kamu dinginkan harus tertutup agar kinerja AC semakin maksimal.

Kamu bisa minimal menutup pintu agar AC tidak bekerja terlalu berat. AC akan bekerja maksimal ketika di dalam ruangan yang tertutup.

BACA JUGA:5 Merk AC Terbaik 2024 yang Sering Orang Indonesia Gunakan, Bisa Tahan Hingga Puluhan Tahun

2. Selang pembuangan harus lurus

Untuk mendapatkan udara yang dingin, tentunya saluran pembuangan pada AC portabel harus kamu perhatikan. Lebih baik selang pembuagan itu berada lurus dengan posisi AC.

Dengan demikian, arah pembuangan angin panas akan lebih cepat. Biasanya selang pembuangan AC ini memiliki panjang sekitar 1 meter sampai 2 meter.

3. Cara kerja AC portabel dan tips: kurangi sumber panas

Untuk membuat AC bekerja maksimal kamu perlu membuat ruangan kamu minim dengan sumber panas. Sumber panas yang ada disini adalah sumber panas dari laptop, lampu maupun kulkas mini.

Dengan kamu tidak menggunakan sumber panas itu tentunya kinerja AC akan semakin meningkat. Hal ini karena AC akan dengan mudah membuat ruangan jadi semakin dingin.

BACA JUGA:5 Tanda-tanda AC Mengalami Kebocoran yang Harus Pengguna Tahu, Segera Tangani Sebelum Makin Parah

4. Rawat AC

Tips yang terakhir adalah hal yang tentu wajib kamu lakukan. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menghindari debu dan serangga lain yang masuk di dalam AC.

 

Kamu bisa mulai melakukan pembersihan AC minimal 1 bulan sekali. Dengan ini kamu juga bisa meningkatkan kinerja AC kamu menjadi lebih baik karena tidak ada debu yang menghalangi.

Sumber: