Cara Cek Data Pribadi di OJK Dipakai Orang Lain Pinjol Tidak? Lakukan Solusinya yang Mudah

Cara Cek Data Pribadi di OJK Dipakai Orang Lain Pinjol Tidak? Lakukan Solusinya yang Mudah

Gunakan Cara Cek Data Pribadi di OJK Dipakai Orang Lain untuk Pinjol Tidak? --pinterest

RADAR TEGAL - Pinjaman online (pinjol) kini kian marak dengan penawaran mereka yang menarik dan diiringi kebutuhan masyarakat. Di balik itu, banyak modus pencatutan data pribadi untuk pinjol. Jadi bagaimana cara cek data pribadi di OJK dipakai orang tidak untuk pinjol?

Kejadian pencatutan data tersebut terjadi karena adanya data pribadi yang bocor. Jadi kamu butuh cara cek data pribadi di OJK, sehingga tahu data kamu aman atau tidak.

Cara cek data pribadi di OJK menjadi salah satu solusi yang aman untuk kamu lakukan. Karena jika disalahgunakan pastinya akan berdampak buruk pada data-data penting kamu.

Jadi lebih baik mencoba daripada tidak. Kamu tidak perlu khawatir dengan proses cara cek data pribadi di OJK karena mudah untuk dilakukan. Simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahui selengkapnya.

BACA JUGA: Cara Cek KTP Sudah Dipakai Pinjaman Online oleh Orang Lain atau Belum

Berawal dari kebocoran data pribadi

Penyalahgunaan data pribadi kerap terjadi karena adanya kebocoran data pribadi. Sehingga tiba-tiba ada tagihan yang mengatasnamakan korban atau pemilik data, kemudian ada debt collector yang menghubungi, padahal pemilik data tidak pernah menyetujui pinjaman pinjol.

Nah, cara yang paling simpel untuk mengetahui apakah data pribadi dipakai orang untuk meminjam pinjol adalah kamu bisa langsung dengan layanan SLIK OJK. Jika kamu memanfaatkan layanan tersebut, kamu dapat meminta data seputar pinjaman atau kredit yang dimiliki.

Selain itu, dalam pengecekan SLIK OJK bisa dilakukan secara daring melalui situs atau web idebku.ojk.go.id. Namun, sebelum mengakses layanannya, perlu kamu siapkan data diri seperti KTP dan foto diri.

Ok langsung saja simak cara cek data pribadi di OJK digunakan orang lain untuk mendaftar pinjol tidak? Cek caranya sampai akhir, berikut langkah-langkahnya:

BACA JUGA: Begini Cara Cek KTP Disalahgunakan untuk Pinjol atau Tidak

Cara cek data pribadi di OJK menggunakan KTP

1. Pertama, kamu bisa buka laman https://idebku.ojk.go.id di internet.

2. Kemudian bisa pilih "Pendaftaran."

Sumber: