6 Cara agar AC Hemat Listrik agar Tagihan Tidak Membengkak, Nomer 4 Sering Dilupakan

6 Cara agar AC Hemat Listrik agar Tagihan Tidak Membengkak, Nomer 4 Sering Dilupakan

6 Cara Menggunakan AC agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak, Akhirnya Bisa Lebih Hemat--

RADAR TEGAL- Terbilang lebih memberikan kesejukan dan kenyamanan, banyak masyarakat kini beralih dari kipas angin ke AC. Namun tidak sedikit juga yang pada akhirnya mengeluh ketika melihat tagihan listriknya. Jika Anda juga mengalami demikian, tenang saja karena ada beberapa cara agar AC hemat listrik.

Penggunaan berlebihan AC memang dapat meningkatkan konsumsi energi, yang memaksa pembangkit listrik untuk menghasilkan lebih banyak energi, termasuk dari sumber-sumber yang kurang ramah lingkungan. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk mengetahui cara agar AC hemat listrik.

Cara agar AC hemat listrik ini pastinya dapat membantu Anda mengurangi konsumsi lisrik, sehingga kenyamanan yang Anda dapatkan dari penggunaan AC tidak mengorbankan kantong Anda juga.

Berikut adalah enam cara agar AC hemat listrik yang dapat Anda terapkan. Simak baik-baik ya.

BACA JUGA: Cara Menggunakan AC Portable agar Tetap Awet dan Cepat Dingin, Nomor 1 Jadi Kendala Utama

Cara agar AC hemat listrik

1. Atur Suhu dengan Bijak

Hindari mengatur AC pada suhu yang terlalu rendah. Setiap penurunan satu derajat dapat meningkatkan konsumsi energi AC sekitar 5-10%. Oleh karena itu, atur suhu sejalan dengan kenyamanan Anda tanpa membuatnya terlalu dingin.

Set suhu AC pada level yang nyaman, idealnya antara 24-26 derajat Celsius. Setiap peningkatan suhu satu derajat dapat menghemat energi sekitar 5-10%. Selain itu, hindari perbedaan suhu yang drastis dengan suhu luar ruangan.

Hindari juga menetapkan perbedaan suhu yang terlalu besar antara suhu ruangan dan suhu yang diinginkan. Semakin besar perbedaannya, semakin keras AC bekerja, yang dapat meningkatkan konsumsi energi. Hal ini menjadi salah satu cara agar AC hemat listrik.

2. Rutin Bersihkan dan Ganti Filter AC

Cara agar AC hemat listrik salah satunya dengan rutin membersihkan filter. Pasalnya fiter yang kotor dapat membuat AC bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak energi.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Kerja AC Portable? Yuk Mengenal Lebih Dekat

Bersihkan atau ganti filter secara teratur, minimal setiap satu atau dua bulan sekali, tergantung pada seberapa sering AC digunakan.

3. Gunakan Mode Hemat Energi atau Sleep Mode

Mode sleep pada AC dapat membantu menghemat listrik dengan mengoptimalkan kinerja AC selama periode istirahat atau tidur. Mode sleep dirancang untuk memberikan kesejukan yang nyaman selama tidur sambil mengurangi konsumsi energi.

Banyak AC modern dilengkapi dengan mode hemat energi atau sleep mode. Apabila AC Anda telah dilengkapi fitur ini, maka sangat disarankan untuk Anda memafaatkan mode ini. Mode ini dapat menyesuaikan output pendinginan secara otomatis berdasarkan suhu ruangan, mengoptimalkan penggunaan energi dan meningkatkan efisiensi.

4. Tutup Tirai atau Gorden pada Siang Hari

Hal yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang adalah cara ini. Meskipun terlihat sepele tetapi menutup tirai termasuk cara AC hemat listrik.

BACA JUGA: Rekomendasi Merk Air Conditioner Portable Terbaik, Cepat Sejukan Ruangan Saat Cuaca Panas

Karena sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dapat meningkatkan suhu dan membuat AC bekerja lebih keras. Tutup tirai atau gorden pada siang hari untuk mengurangi pemanasan ruangan dan membantu AC bekerja lebih efisien.

5. Hindari Penggunaan AC Pada Waktu yang Tidak Diperlukan

Matikan AC ketika Anda meninggalkan ruangan atau gunakan timer untuk mengatur waktu penggunaannya. Jika malam hari terasa sejuk, pertimbangkan untuk mematikan AC dan membuka jendela agar udara segar dapat masuk.

6. Lakukan Perawatan Rutin oleh Profesional

Pemeliharaan oleh teknisi AC secara rutin dapat memastikan bahwa sistem AC beroperasi dengan efisiensi maksimal. Penyelidikan dan perbaikan dini juga dapat mencegah kerusakan yang dapat meningkatkan konsumsi energi.

Dengan menerapkan keenam cara agar AC hemat listrik di atas, Anda dapat memaksimalkan efisiensi AC dan sekaligus mengurangi dampaknya terhadap tagihan listrik bulanan. Praktikkan kebiasaan hemat energi ini untuk memberikan manfaat jangka panjang bagi keuangan dan juga lingkungan. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: