Digerus Longsor, Benteng Bangunan Villa di Kabupaten Tegal Ambruk

Digerus Longsor, Benteng Bangunan Villa di Kabupaten Tegal Ambruk

EVAKUASI - Tim BPBD bersama relawan melakukan proses evakuasi tembok benteng penahan villa di Kabupaten Tegal yang ambruk dan menutup akses jalan akibat longsor--

RADAR TEGAL - Akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang disertai angin terjadi di Dukuh Depok RT 02/ RW 03 Desa Rembul Kecamatan Bojong mengakibatkan tembok benteng bangunan villa ambruk. Robohnya bengunan setinggi 4 meter dan lebar 10 meter akibat longsor tersebut sempat menutup akses jalan di Kabupaten Tegal.

Belakangan diketahui, benteng bangunan villa di Kabupaten Tegal yang ambruk tersebut belum mengantongi IMB. Namun, pihaknya tetap melaksanakan penanganan atas kejadian tersebut.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah SIP MM menyatakan berdasarkan keterangan dari pihak Pemerintah Desa, hujan deras yang terjadi kemarin mengakibatkan benteng bangunan villa ambruk, bukan talud. Pasca kejadian, Relawan BPBD langsung terjun kelokasi bersama instansi terkait.

Menurut Elliya, tembok benteng bangunan yang roboh tersebut baru saja dibangun oleh pemiliknya. Sementara, ambruknya tembok tersebut sempat mengakibatkan akses jalan tertutup.

"Robohnya tembok benteng sempat menutup sebagian bahu jalan Dukuh Depok menuju Dukuh Karanganyar Desa Rembul. Relawan PB Desa Rembul sempat melakukan koordinasi dengan Polsek Bojong dan melakukan assesment,"cetusnya.

Menurutnya, proses pembersihan reruntuhan benteng yang menutup akses jalan tersebut turut dilakukan TNI, Polri, BPBD, Pemdes Rembul, relawan PB Kabupaten Tegal dan warga masyarakat. Proses evakuasi reruntuhan tebing yang menutup akses jalan tersebut dilakukan dengan menggunakan alat berat. 

"Tidak ada korban jiwa dalam insiden kali ini. Namun, untuk proses evakuasi juga sempat melibatkan alat berat," ungkapnya.

Elliya menambahkan, begitu mendapatkan laporan terkait ambruknya benteng bangunan villa milik pribadi tersebut, pihaknya langsug memastikan soal ada tidaknya IMB. Hal ini mengingat bangunan benteng villa tersebut berdiri di tirus jalan dan dekat dengan lokasi sungai.

Demikian informasi terkait benteng penahan villa di Kabupaten Tegal ambruk. Hal itu, akibat adanya hujan deras yang terjadi sebelumnya. (*)

Sumber: