Obyek Wisata Guci Tegal Dikunjungi 64.914 Wisatawan Selama Libur Nataru

Obyek Wisata Guci Tegal Dikunjungi 64.914 Wisatawan Selama Libur Nataru

KALKULASI - Kabid Pariwisata mengkalkulasi jumlah wisatawan yang membanjiri obyek wisata guci tegal selama libur nataru--

RADAR TEGAL - Selama libur Natal dan Tahun baru (Nataru) Obyek Wisata Guci Tegal dikunjungi 64.914 wisatawan. Bahkan, angkanya dalam sehari sempat menembus 13.550 pada malam natal 24 Desember 2023.

Menurut Kepala Dinas Porapar Ahmad Uwes Qoroni melalui Kabid Pariwisata, Joko Sunarto, selain obyek wisata Guci Tegal, Waduk Cacaban juga banyak dikunjungi wisatawan. Di mana, selama libur nataru tercatat dikunjungi 3.468 wisatawan dengan puncak kunjungan pada 1 Janunari 2024 sebanyak 838 orang. 

"Selain obyek wisata Guci Tegal dan cacanan, pengunjung Purin tercatat 5.444 wisatawan. Dengan puncak kunjungan di pada 1 Januari 2024 sebanyak 2.405 orang,"ujarnya Selasa 2 Januari 2024.

Joko memperkirakan banyaknya desa wisata atau wahana wisata yang kini menjamur di desa tidak berpengaruh signifikan terhadap angka wisatawan di destinasi wisata unggulan. Seperti obyek wisata Guci Tegal yang masih banyak dikunjungi. 

BACA JUGA:Wajah Obyek Wisata Guci Tegal Bakal Dirubah, Loket Tiket dan Parkir Dipindah

"Saat ini setidaknya ada 17 desa wisata yang sudah ditetapkan. Ditambah desa yang punya wahana wisata secara mandiri,"cetusnya.

Menurut Joko, pihaknya juga memastikan ditahun ini akan ada pengajuan desa wisata baru. Namun, ada persyaratan pembentukan pokdarwis terlebih dahulu dan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi sebagai prasayat desa wisata. 

"Dari 17 yang ada, saat ini terhitung tinggal sekitar 10 desa wisata yang aktif. Sisanya sempat terkendala paska pandemi covid, dan kini sedang berupaya bangkit kembali,"ungkapnya. 

Demikian informasi terkait kunjungan wisatawan di obyek wisata Guci Tegal selama libur Nataru. (*)

Sumber: