Jangan Salah Pilih, Perbedaan Android TV Box dengan Set Top Box yang Jarang Orang Tahu

Jangan Salah Pilih, Perbedaan Android TV Box dengan Set Top Box yang Jarang Orang Tahu

Perbedaan Android TV box dengan set top box--

RADAR TEGAL - Tahukah kamu, ternyata terdapat perbedaan Android TV box dengan set top box yang jarang orang tahu. Untuk mengetahuinya, simak artikel ini sampai selesai.

Perbedaan Android TV box dengan set top box ini nyatanya banyak yang salah kaprah sehingga jadi salah memilih sesuai kebutuhan. Karenanya, informasi ini wajib disimak.

Meski keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, terdapat perbedaan Android TV box dengan set top box yang perlu diperhatikan.

Berikut perbedaan Android TV box dengan set top box yang harus kamu ketahui. Simak artikel ini untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA:Mengenal Perbedaan Smart TV dan Android TV, Mana yang Lebih Unggul?

 

Perbedaan android TV box dengan set top box

Jika melihat dari fungsinya, sebenarnya Android TV box dengan STB memiliki kesamaan. Namun terdapat perbedaan penggunaan yang perlu kamu perhatikan.

STB atau Set Top Box fungsinya adalah menangkap siaran digital ke perangkat televisi analog, sedangkan Android TV Box mengubah televisi konvensional menjadi TV pintar atau smart TV.

Secara tampilan dan harga, STB umumnya berbentuk kotak atau box berukuran sedang dan memiliki beberapa tombol. Sementara Android TV Box mengusung tampilan mirip smartphone Android, tetapi dengan ukuran layar yang lebih besar. 

Android tv box memiliki harga yang relatif lebih mahal yaitu mulai dari Rp300 ribuan bahkan sampai Rp2 jutaan juga ada. Tergantung dengan spesifikasi, fitur, serta jenis sistem Android TV yang digunakan.

BACA JUGA:Smart TV Murah Tanpa STB Ini Bisa Langsung Tangkap Siaran Digital, Nonton TV Jadi Lebih Mudah

Sedangkan STB biasanya di bawah 200 ribu sudah dapat yang bagus. Selain itu, melihat dari hak siaran, Android TV box sudah menjalankan sistem operasi Android TV, dan memungkinkan penggunanya untuk nonton layanan streaming berbasis internet, seperti YouTube, netflix, Disney+ Hotstar, dan sebagainya.

Sedangkan STB dapat digunakan dimana saja selama bisa menangkap sinyal. Sehingga itulah perbedaan Android TV box dengan set top box yang perlu kamu tahu.(*)

Sumber: