Kamu Wajib Tahu Cara Minta Keringanan Bayar Hutang Pinjol, Gaperlu Takut Galbay

Kamu Wajib Tahu Cara Minta Keringanan Bayar Hutang Pinjol, Gaperlu Takut Galbay

Kamu Wajib Tahu Cara Minta Keringanan Bayar Hutang Pinjol, Gaperlu Takut Galbay-pexels.com/Karolina-pexels.com/Karolina

RADAR TEGAL  - Cara minta keringanan bayar hutang pinjol biasanya banyak dicari oleh nasabah pinjol yang sedang kesulitan membayar kredit mereka. Apalagi saat ini pinjol atau pinjaman online memang menjadi salah satu alternatif yang mudah digunakan untuk mendapatkan dana darurat.

Pinjol bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti kebutuhan dana untuk kesehatan sampai dana konsumtif. Namun belum banyak yang tahu cara minta keringanan bayar hutang pinjol yang sebenarnya bisa sangat membantu saat kamu meminjam dana.

Karena walaupun pinjol memberikan pinjaman yang sedikit ternyata masih banyak yang sering kesulitan melunasi hutang mereka. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengetahui cara minta keringanan bayar hutang pinjol yang akan dibahas dalam artikel ini.

Cara Minta Keringanan Bayar Hutang Pinjol

Biasanya nasabah yang kesulitan membayar hutang pinjol terjadi karena beberapa alasan, seperti  meminjam dari beberapa pinjol sekaligus dan terbebani bunga pinjol yang besar. Apalagi saat hutang pinjol menumpuk biasanya akan muncul denda yang membuat beban kredit menjadi lebih besar.

BACA JUGA:Sudah Lunasi Hutang Pinjol tapi Tidak Hapus Data? Siap-siap dengan 5 Risiko Ini

Tidak heran kemudian banyak yang merasa kesulitan membayar hutang pinjol mereka, apalagi biasanya tenor yang diberikan oleh pinjol juga sangat cepat. Bahkan ada pinjol yang memberikan pinjaman dengan bunga besar dan tenor hanya seminggu saja.

Dengan mengetahui cara minta keringan bayar hutang pinjol, kamu bisa mengajukan keringanan pembayaran pinjol dan mendapat perpanjangan masa tenor. Simak berikut ini caranya :

1. Hubungi Perusahaan Pinjol

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi pihak pinjol, melalui nomor perusahaan atau email perusahaan. Pinjol yang legal pasti mempunyai layanan customer service sesuai dengan ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan untuk memudahkan nasabah.

2. Sampaikan Kondisi Keuangan Kamu

Saat menghubungi perusahaan pinjol, kamu harus mengatakan dengan jelas maksud dan tujuan kamu mengajukan permohonan keringanan pembayaran tersebut. Jelaskan dengan baik dan sopan kondisi keuangan yang membuat kamu sulit untuk membayar hutang tepat waktu.

BACA JUGA:Hapus Data KTP Pinjol agar Tidak Disalahgunakan dengan 5 Cara Sederhana Ini

Jika perlu kamu bisa memberikan dokumen atau bukti-bukti tambahan bahwa kamu memang sedang kesulitan keuangan. Misalnya seperti dokumen PHK atau bukti belum mendapatkan gaji dan lain sebagainya untuk meyakinkan pihak pinjol.

Jangan sampai mengada-ada atau berbohong saat kamu mengatakan kondisi keuangan kamu pada pihak pinjol. Karena saat mengutarakan kondisi keuangan kamu tersebut, pihak pinjol kan menilai apakah permintaan keringanan pembayaran bisa dilakukan atau tidak.

3. Membuat Surat Permohonan

Biasanya jika perusahaan pinjol menerima alasan-alasan mengenai kesulitan kamu dalam membayar pinjol, kamu akan diarahkan untuk membuat surat permohonan. Tentunya setiap perusahaan pinjol mempunyai prosedur dan persyaratan bagi nasabah yang ingin mengajukan keringanan pembayaran hutang.

Kamu harus mengisi formulir atau membuat surat permohonan tersebut dan mengumpulkan berbagai dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak pinjol. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan permohonan keringanan bayar hutang tersebut agar bisa disetujui oleh pihak pinjol.

BACA JUGA:Waspada! Inilah Risiko Galbay Pinjol yang Bisa Merusak Reputasi Nasabah

4. Tunggu Proses Permohonan

Jika surat permohoonan dan persyaratan yang kamu berikan sudah diterima oleh pihak pinjol, biasanya akan dilakukan pengecekan kelayakan nasabah. Beberapa hal yang biasanya menjadi pertimbangan saat mengajukan proses permohonan keringanan ini seperti selalu membayar hutang tepat waktu.

Selain itu jika kamu sudah pernah melakukan galbay dan tercatat dalam SLIK OJK biasanya juga menjadi petimbangan pihak pinjol. Jika catatan kamu selama menjadi nasabah pinjol bersih dan aman kemungkinan akan mendapat keringan dengan lebih mudah.

Keringanan pembayaran yang bisa kamu dapatkan seperti perpanjangan waktu pembayaran hutang atau penyesuaian bunga. Tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa mendapat potongan pembayaran hutang dan keringanan lainnya sesuai ketentuan perusahaan pinjol.

Nah, itulah cara minta keringanan bayar hutang pinjol yang bisa kamu lakukan agar tidak melakukan galbay atau gagal bayar. (*)

Sumber: