Hapus Data KTP Pinjol agar Tidak Disalahgunakan dengan 5 Cara Sederhana Ini

Hapus Data KTP Pinjol agar Tidak Disalahgunakan dengan 5 Cara Sederhana Ini

5 cara hapus data KTP pinjol agar tidak disalahgunakan-freepik-

RADAR TEGAL – Segera hapus data KTP pinjol agar tidak disalahgunakan dengan melakukan 5 cara sederhana yang ada pada artikel ini. Cara menghapusnya sangat mudah tanpa perlu membutuhkan waktu sampai berjam-jam apalagi sampai berhari-hari.

Hapus data KTP pinjol ini penting dilakukan agar nanti tidak disalahgunakan oleh oknum nakal. Bisa saja mereka menggunakan data pribadi Anda untuk mengajukan pinjaman lagi atau dijual ke pihak lain.

Cara hapus data KTP pinjol agar tidak disalahgunakan ini bisa dilakukan khususnya pada platform yang legal OJK. Anda bisa melakukannya cukup lewat smartphone yang sudah terhubung jaringan internet tanpa aplikasi tambahan.

Berikut 5 cara hapus data KTP pinjol agar tidak disalahgunakan yang bisa Anda ikuti. Terutama bagi Anda yang sudah melunasi hutang pinjaman online Anda.

5 cara hapus data KTP pinjol agar tidak disalahgunakan

Saat pengajuan pinjaman online, pengguna pasti diminta untuk memberikan sejumlah informasi pribadi, salah satunya KTP.

BACA JUGA : 5 Trik Ampuh Ini Bukan Cuma Bisa Lunasi Hutang Pinjol tapi Juga yang Lain, Yuk Coba

Data KTP ini merupakan berkas penting untuk pengecekan kelayakan pinjaman dan BI checking seseorang. Selain itu, pengguna juga harus menyertakan data seperti nomor telepon, alamat, kontak darurat, penghasilan, pekerjaan, dan sebagainya.

Nah, data-data tersebut tentunya bersifat sensitif dan fatal akibatnya jika sampai tersebar luas. Maka dari itu, jika Anda sudah melunasi hutang pinjol, segeralah hapus data Anda agar menghindari adanya risiko penyebaran data. Berikut tahapannya

1. Langkah pertama jangan salin kontak dari HP satu ke HP yang lain, sebab ketika Anda memindahkan kontak akan ada risiko penyadapan dari pinjol yang nakal.

2. Cara menghapus data KTP dari pinjol berikutnya dengan hapus data aplikasi pinjol yang Anda gunakan lewat pengaturan di smartphone. Silahkan buka menu ‘Aplikasi dan Pemberitahuan’, pilih aplikasi pinjol dan klik ‘Hapus data dan cache’.

BACA JUGA : DC Pinjol Bisa Sita Kendaraan Nasabah Galbay sampai Lakukan Somasi Jika Punya 4 Syarat Ini

3. Hapus data KTP pinjol agar tidak disalahgunakan selanjutnya dengan cara uninstall aplikasi tersebut dari smartphone Anda. Cukup tekan agak lama pada aplikasi dan pilih ‘Copot pemasangan’ atau sejenisnya. Anda juga bisa lakukan lewat menu pengaturan.

4. Tahapan berikutnya ini bukan merupakan cara menghapus data pinjol, namun penting untuk Anda lakukan juga dengan menonaktifkan sementara akun media sosial Anda. 

Sumber: