Tim Safety Riding Astra Motor Jateng Edukasi Duta Keselamatan Sekolah Binaan di Jawa Tengah

Tim Safety Riding Astra Motor Jateng Edukasi Duta Keselamatan Sekolah Binaan di Jawa Tengah

Peserta pelatihan safety riding dari Astra Motor Jateng di SMP Negeri 1 Bulakamba Brebes--

RADAR TEGAL - Masih dalam rangkaian memperingati Hari Ibu pada bulan Desember ini, tim safety riding Astra Motor Jateng bekerjasama dengan dealer Honda setempat dan SMK N 1 Bulakamba Brebes sebagai sekolah binaan Astra Motor Jateng menjalankan program “Selamatkan Anak Ibu dari kecelakaan jalan raya”.

 

Program yang menyasar pelajar Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) ini menargetkan 3 lokasi edukasi keselamatan jalan raya yaitu di  di Mts N 2 Kendal, Mts Arrobia’ah Azzain  dan SMP N 1 Bulakamba Brebes dengan total peserta 300 pelajar.

 

Instruktur safety riding Astra Motor Jateng Suko Edi mengatakan, program edukasi keselamatan jalan raya ini memiliki tujuan agar siswa-siswi dapat mengenal dan menganalisa bahaya di jalan raya. Baik dia sebagai pejalan kaki, pesepeda ontel atau pembonceng sepeda motor.

 

“Harapan kami, program Selamatkan Anak Ibu dari Kecelakaan Jalan Raya menjadi kado special buat semua ibu - ibu yang ada di Indonesia ini, dan menjawab doa dari beliau saat melepas anak anaknya berangkat kesekolah lewat ucapan, “Hati Hati di jalan Nak”,” jelas Suko.

 

Pola pembelajaran di desain sedemikian rupa agar mudah di cerna oleh siswa melalui pemberian materi keselamatan berupa, data kecelakaan, etika berlalulintas untuk pejalan kaki dan pembonceng kendaraan.

 

Ada juga video pembelajaran pentingnya helm sebagai pelindung kepala bagi pembonceng lewat analogi semangka yang di jatuhkan dari lantai 2 tanpa helm di bandingkan dengan memasukan semangka di helm.

 

“Dengan contoh semangka tadi, diharapkan para peserta bisa membayangkan langsung dampak bagi yang tidak suka memakai helm saat berboncengan,” tambah Suko.

Sementara itu, guru pembina SMK N 1 Bulakamba Brebes Yusufa menyampaikan rasa senangnya karena tim tim Forum Keselamatan Sekolah bimbingannya dilibatkan dalam pembelajaran keselamatan untuk adik - adik kelas SMP.

 

“Sangat senang sekali, kami dari tim Forum Keselamatan Sekolah (FKS) dilibatkan dalam pembelajaran keselamatan untuk adik - adik kelas SMP, selain menguatkan ilmu tentang keselamatan yang kami pelajari juga bangga bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar ” ucap Yusufa.

 

Konsep kegiatan ini memberikan kesempatan kepada pelajar pelajar SMK Binaan Honda untuk menjadi mentor atau duta keselamatan jalan raya untuk adik - adik kelasnya. Harapannya dengan pembelajaran ini, pelajar SMP merasa lebih nyaman karena yang menyampaikan adalah kakaknya sendiri tentang keselamatan sehingga mudah di terima dan di praktekkan.

 

“Program Pembelajaran Keselamatan Jalan dengan partisipasi aktif SMK Binaan dan Dealer Honda ini akan terus di kembangkan sehingga mampu menjangkau semua SMP di pelosok penjuru Jawa Tengah,” pungkas Suko.

Sumber: