Rawan Sosial Ekonomi, 30 Wanita Single Parent Kota Tegal Dapat Bantuan untuk Usaha

 Rawan Sosial Ekonomi, 30 Wanita Single Parent Kota Tegal Dapat Bantuan untuk Usaha

BANTUAN SOSIAL - Dinas Sosial Kota Tegal menyerahkan bantuan sosial kepada perwakilan wanita single parent yang rawan sosial ekonomi di Kantor Dinsos, Jumat 29 Desember 2023.-K. ANAM SYAHMADANI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Karena termasuk kelompok rawan sosial ekonomi, sebanyak 30 wanita single parent di Kota Tegal mendapatkan bantuan untuk usaha. Para Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) itu menerima bantuan sosial berupa bahan dan alat untuk membuat kue dari Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tegal. 

“Terima kasih kepada Wali Kota Tegal Bapak Dedy Yon Supriyono atas kepeduliannya terhadap pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial,” kata Kepala Dinsos Bajari didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan dan Jaminan Sosial Dinar Marnoto saat penyerahan bantuan sosial untuk wanita single parent.

Menurutnya, WRSE adalah wanita pencari nafkah keluarga karena ditinggal suami meninggal maupun cerai hidup. Mereka juga disebut wanita single parent karena statusnya.

Bantuan sosial untuk wanita single parent diberikan dinsos sebagai rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial (HKSN) 2023 yang jatuh setiap 20 Desember 2023. Sebelumnya, penyerahan bantuan sosial dilakukan secara simbolis dalam acara Peringatan HKSN 2023 yang diadakan Dinsos di Pendapa Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Selasa 19 Desember 2023.

BACA JUGA:Usulan Bansos dan Pelaporan Penerima Manfaat Tidak Tepat Sasaran, Dinas Sosial Respon Begini

Penyerahan bantuan sosial untuk wanita single parent dilanjutkan di Kantor Dinsos, Jumat 29 Desember 2023. 

Menurutnya, para wanita single parent tersebut sebelumnya diberikan bekal dengan mengikuti pelatihan keterampilan tata boga di LKP. Momentum ini sekaligus digunakan Dinsos sebagai bagian dari verifikasi penerimaan bantuan sosial dari Pemerintah. 

“Ini juga bagian verifikasi kami, apakah bantuan sosial sudah diterima lengkap atau belum, misalnya untuk BPJS atau KIP,” jelas Dinar.

Selain bantuan sosial bahan dan alat pembuat kue untuk wanita single parent, dalam acara Peringatan HKSN 2023 Dinsos juga menyalurkan bantuan sosial Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahap III untuk 169 buruh pabrik rokok dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kota Tegal. Total bantuan sosial yang diberikan Rp300 ribu perorang selama dua bulan.

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Beri Pelatihan Kepada Penyandang Disabilitas

Berikutnya, dilakukan pula penyerahan sembako kesetiawakanan sosial untuk 50 pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial dari verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan pensasaran pencatatan penghapusan kemiskinan ekstrem. Selain penyerahan bantuan sosial, acara juga diisi dengan Sarasehan SDM Kesejahteraan Sosial.

Tema yang diangkat Netralitas dan Tolak Gratifikasi, Langkah Awal Cegah Korupsi Bagi SDM Kesejahteraan Sosial dengan menghadirkan narasumber Tim Saberpungli Polres Tegal Kota Purnomo Sidi dan Komisioner Bawaslu Kota Tegal Fauzan Hamid. Sarasehan diadakan untuk membekali SDM dalam menghadapi tahun politik, sekaligus meningkatkan integritas dan netralitas mereka. 

Demikian informasi terkait bantuan untuk wanita single parent di Kota Tegal. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: