Sepanjang 2023, 5.259 Meter Jalan Usaha Tani Dibangun di Brebes

Sepanjang 2023, 5.259 Meter Jalan Usaha Tani Dibangun di Brebes

DPKP Brebes membangun JUT disejumlah titik salah satunya di Desa Bandungsari, Kecamatan Banjarharjo.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) setempat membangun 22 titik Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 2023 ini. Total, ada 5.259 meter JUT yang telah dibangun.

Kepala DPKP Brebes Yulia Hendrawati melalui Kabid Sarana dan Prasarana Ali Mashuri mengatakan, ke 22 Jalan Usaha Tani yang dibangun tersebar di beberapa kecamatan. Salah satunya, di Kecamatan Losari. Yakni, tepatnya di Desa Losari Kidul.

"Contohnya ya itu di Desa Losari Kidul, Kecamatan Losari. Di mana, di sana kami membangun Jalan Usaha Tani dengan kelompok tani Poktan Harapan Jaya 7 melalui APBD dengan panjang 306 meter," ujarnya, Jum'at 29 Desember 2023.

Selain di Kecamatan Losari, lanjutnya, pembangunan Jalan Usaha Tani juga dilakukan di Kecamatan Wanasari. Tepatnya di Desa Dukuhwringin, yakni dengan penerima Gapoktan Bina Tani Mandiri. 

BACA JUGA:Masuk Aspirasi Warga, Jalan Usaha Tani di Kedungbukung dan Kedokan Sayang Bakal Dikawal

"Sama dengan di Desa Losari Kidul, pembangunan Jalan Usaha Tani di Desa Dukuhwringin ini juga menggungan APBD. Dengan total panjang 80 meter," jelasnya.

Ali menambahkan, dari total 22 titik pembangunan Jalan Usaha Tani tersebut total luas lahan yang terbantu akses pertaniannya mencapai 890 meter. Dengan harapan, adanya JUT ini bisa mempermudah akses petani dalam membawa hasil panennya.

"Dengan Jalan Usaha Tani, kami berharap petani bisa lebih mudah saat membawa hasil pertaniannya," ucapnya.

Lebih lanjut, Ali menambahkan selain Jalan Usaha Tani, di 2023 ini pihaknya juga membangun dam parit, irigasi perpipaan, rehabilitasi jaringan irigasi tersier serta irigasi air tanah dangkal (IATD). Itu semua ada yang bersumber dari APBD dan APBN. (*)

Sumber: