Capai 46.201 Ton, Produksi Getah Pinus Jawa Tengah Melampaui Target

Capai 46.201 Ton, Produksi Getah Pinus Jawa Tengah Melampaui Target

LAMPAUI TARGET - Produksi getah pinus Jawa Tengah melampaui target, Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Tengah Ratmanto Trimahono memberikan penghargaan, Jumat 22 Desember 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Produksi getah pinus Jawa Tengah mengalami lonjakan yang signifikan. Bahkan, produksi itu tahun ini berhasil melampaui target. 

Sesuai Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP), target produksi getah pinus untuk Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah di tahun 2023 ini sebanyak 41.559 ton. Namun, belum berganti tahun target tersebut sudah tercapai.

Produksi getah pinus Jawa Tengah saat ini sudah 46.201 ton atau mencapai 111,17 persen. Hal ini seperti diungkap Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Tengah Ratmanto Trimahono.

Jumlah produksi getah pinus Jawa Tengah sudah melampaui target. Utamanya di area binaan KPH Kedu Utara dengan realisasi produksi 127,7 persen, KPH Pekalongan Barat dengan realisasi produksi 119,3 persen dan KPH Kedu Selatan 116,3 persen.

BACA JUGA:Sepele! Kebakaran Tempat Pengumpulan Getah Pinus Gondang Pekalongan Ternyata Karena Ini

"Alhamdulillah, terhitung pada tanggal 15 Desember 2023, kita sudah melampaui target yang ditetapkan, yaitu sebanyak 46.201 ton atau 111,17 persen," ungkapnya di Wana Wisata Guci Ashafana Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal, Jumat 22 Desember 2023.

"Kami sangat bangga, ini merupakan capaian kinerja yang luar biasa," kata Ratmanto.

Dia menyampaikan itu, di sela-sela pemberian penghargaan kepada ketiga KPH tersebut yang berhasil melampaui target produksi getah pinus di Jawa Tengah. 

Acara itu juga sekaligus evaluasi produksi getah pinus Jawa Tengah tahun 2023 dan rapat persiapan rencana kerja tahun 2024.

BACA JUGA:Polisi Usut Penyebab Kebakaran yang Nyaris Lalap Hutan Pinus RPH Batumirah BKPH Bumijawa Tegal

Ratmanto Trimahono menjelaskan, Pengelolaan Hutan Divisi Regional Jawa Tengah membawahi 8 KPH penghasil getah pinus. Yakni, KPH Pekalongan Barat, KPH Pekalongan Timur, KPH Banyumas Barat, KPH Banyumas Timur, KPH Kedu Utara, KPH Kedu Selatan, KPH Pati dan KPH Surakarta.

Sementara, Administratur/KKPH Pekalongan Barat Haris Setiana mengapresiasi kepada jajaran internal KPH Pekalongan Barat atas capaian kinerja produksi getah pinus yang telah melampaui target RKAP 2023 ini. 

Target produksi getah pinus KPH Pekalongan Barat, Jawa Tengah di tahun 2023 sebesar 6.188 ton. Sedangkan pada 15 Desember, sudah melampaui target dengan realisasi sebesar 7.385 ton atau 119,3 persen.

“Dengan kerja sama yang baik ini sesuai motto slogan PKB (Pekalongan Barat Produktif, Kompak dan Berprestasi), maka bisa mencapai dan melampaui target yang telah ditetapkan oleh perusahaan," tandasnya. 

Sumber: