Polisi Usut Penyebab Kebakaran yang Nyaris Lalap Hutan Pinus RPH Batumirah BKPH Bumijawa Tegal

Polisi Usut Penyebab Kebakaran yang Nyaris Lalap Hutan Pinus RPH Batumirah BKPH Bumijawa Tegal

Kapolsek Bumijawa bersama prajurit Koramil Bumijawa bersinergi padamkan api dengan dukungan tenaga perbantuan.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Paska terjadinya insiden kebakaran areal serasah atau rumput ilalang di petak 52 d RPH Batumirah BKPH Bumijawa, upaya mengusut penyebab terjadinya kebakaran kini mulai dilakukan jajaran Polsek Bumijawa.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kapolsek Bumijawa AKP Mukmin menyatakan, upaya mengusut munculnya titik api yang nyaris membakar hutan pinus tersebut dilakukan, agar kedepan tidak ada lagi kecerobohan warga sekitar untuk melakukan hal yang sama. 

"Kami memang mendapat tugas dari pimpinan untuk tidak sekedar bersinergi mematikan api saja, namun perlu mengusut siapa pemicu munculnya titik api yang berasal dari lahan yang dihuni warga sekitar," ujarnya Rabu 2 Agustus 2023.

Ditegaskan insiden kebakaran di petak 52 d dengan luas baku lahan 4,9 Ha tersebut sempat terjadi pada Minggu 30 Juli sekitar pukul 18.15 WIB. 

"Kami dibantu tenaga perbantuan dari Perhutani, LMDH Wana subur Desa Bumijawa, berikut Koramil Bumijawa dan masyarakat sekitar hutan serta relawan BPBD untuk memadamkan kobaran api tersebut," cetusnya.

BACA JUGA:PMI Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Desa Bojong Tegal

Dari hasil penyelidikan sementara sumber api atau penyebab kebakaran berasal dari tanah milik warga sekitar hutan. 

"Saat ini kami sedang berupaya menghimpun infortmasi guna mengetahui siapa yang sempat melakukan aktifitas di lahan milik tersebut serta memicu munculnya kobaran api," ungkapnya. 

Dari insiden tersebut luasan lahan yang terlalap api seluas 0,45 Ha dengan titik koordinat -7,182090S 109,148032E yang berhasil dipadamkan pada pukul 21.00 WIB.

Menurutnya selama ini pihaknya secara intens telah melaksanakan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Bumijawa.

BACA JUGA:Kebakaran Terjadi Lagi, Gudang Kayu Bekas di Dukuhturi Kabupaten Tegal Terbakar Dini Hari

"Dengan menggelar patroli dialogis, mendatangi masyarakat yang akan berangkat ke ladang, personel Bhabinkamtibms menyampaikan pesan antisipasi dengan cara humanis mengajak warga disekitar hutan agar tidak membakar sampah yang berdekatan dengan areal hutan produktifm," ungkapnya. *

Sumber: