Biaya Perjalanan Jakarta Palembang Naik Honda BR-V, Mulai Biaya Tol, BBM, dan Tiket Kapal

Biaya Perjalanan Jakarta Palembang Naik Honda BR-V, Mulai Biaya Tol, BBM, dan Tiket Kapal

Biaya Perjalanan Jakarta Palembang Naik Honda BR-V--

RADAR TEGAL – Jelang libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 umumnya dimanfaatkan masyarakat untuk berekreasi atau mengunjungi sanak saudara di luar kota. Berikut biaya perjalanan Jakarta Palembang naik Honda BR-V.

Salah satu kota tujuan yang bisa menjadi destinasi Anda yakni Palembang. Kota Palembang memiliki sejumlah tempat wisata hingga warisa sejarah yang kaya sehingga cocok untuk Anda kunjungi.

Bagi para pelancong asal Jakarta yang hendak melakukan perjalanan liburan ke Palembang, maka sebaiknya mulai untuk melakukan persiapan dan menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan, ya.

Melansir dari kompas.com, dijelaskan bahwa untuk perjalanan dari Jakarta ke Palembang akan melalui perjalanan darat yakni melalui tol dalam kota menuju Tangerang, kemudian berlanjut ke Merak.

Sesampainya di Pelabuhan Merak, pelancong harus menyebrang dengan kapal laut menuju Bekauheni. Sesampainya di Pelabuhan Bakauheni, perjalanan Anda akan berlanjut menuju Tol Trans-Sumatera.

BACA JUGA: Penawaran Istimewa! Honda BRV Bekas Harga Terbaik Oktober 2023, Modal 100 Jutaan, STNK dan BPKB Lengkap!

Biaya perjalanan Jakarta Palembang menggunakan Mobil Honda BR-V

  1. Tol Jakarta (Tomang IC)-Tangerang : Rp 5.500
  2. Tangerang (Cikupa)-Merak : Rp 53.500
  3. Bakauheni (Selatan)-Terbanggi Besar : Rp 183.500
  4. Terbanggi Besar-Kayu Agung : Rp 170.500
  5. Kayu Agung-Palembang (SS Kramasan) : Rp 50.000

Jadi, apabila Anda  akumulasikan total perjalanan Jakarta ke Palembang untuk kendaraan Golongan I biaya tolnya capai Rp463.000.

Biaya BBM dari Jakarta ke Palembang 

Kemudian, bagi Anda yang menggunakan Honda BR-V, dijelaskan bahwa konsumsi BBM LSUV tersebut mencapai 14,8 kilometer per liter.

Dengan jarak Jakarta – Palembang sekitar 532 Km, maka mobil Honda BR-V membutuhkan bensin sekitar 35,9 liter.

Kemudian, untuk pemakaikan BBM jenis pertamax dengan harga Rp13.350 per Desember 2023, maka biaya yang perlu Anda siapkan yakni Rp479.265.

BACA JUGA: Mobil Honda BR-V Tawarkan Diskon Gede, Ini Kelebihan dan Kekurangan yang Wajib Disimak

Berapa Biaya Naik Kapal?

Tidak hanya biaya tol dan BBM, Anda juga harus menyiapkan dana untuk menyebarang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Adapun penyeberangan ini ditempuh dengan jarak 30,6 kilometer dalam waktu kurang lebih satu hingga tiga jam.

Diketahui, terdapat dua tipe layanan yang bisa Anda pilih yakni regular dan express. Kedua layanan tersebut memiliki sejumlah perbedaan mulai dari harga tiket, dirasi perjalanan, hingga fasilitas.

Nah, untuk pejalan kaki (tanpa kendaraan) biaya yang dikenakan penumpang dewasa dan anak-anak usia dua sampai lima tahun sekitar Rp22.700 untuk yang reguler dan untuk ekspress sekitar Rp78.000.

Sedangkan untuk bayi di bawah dua tahun akan dikenakan biaya Rp1.800 untuk regular dan Rp4.000 untuk ekspress.

BACA JUGA: Gemparkan Pasar Mobil LSUV, Honda BR-V Unggulkan Keandalan Performa Mesin yang Semakin Irit Bahan Bakar

Selanjutnya, untuk  taruf kendaraann Golongan IV A (kendaraan pengangkut penumpang kurang dari 5 meter) akan dikenakan biaya Rp481.800 untuk reguler dan Rp670.000 ekspress.

Adapun biaya tersebt sudah termasuk penumpang yang berada di dalam mobil. Jadi, apabila disimpulkan maka perjalanan liburan dari Jakarta ke Palembang dibutuhkan biaya Rp1.424.065 apabila Anda menggunakan kapal Feri dengan tipe layanan reguler.

Sedangkan apabila Anda menggunakan tipe layanan express Rp1.612.265 biaya tersebut sudah termasuk BBM dan tarif tol.

Perlu Anda catat bahwa, hitungan di atas bersifat estimasi, belum termasuk biaya tambahan konsumen, akomodasi, jarak dari rumah ke tol, hingga biaya penunjang lainnya untuk keperluan liburan Anda, ya.

Demikian ulasan mengenai biaya perjalanan Jakarta Palembang naik Honda BR-V. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: