Harap Waspada! Ini Ciri- Ciri Penipuan Pinjaman Online yang Harus Diketahui Masyarakat Awam

Harap Waspada! Ini Ciri- Ciri Penipuan Pinjaman Online yang Harus Diketahui Masyarakat Awam

Ilustrasi. Ciri-ciri penipuan pinjaman online--Pixabay

RADAR TEGAL- Artikel kali ini akan membahas ciri- ciri penipuan pinjaman online yang harus Anda waspadai. Seperti kita ketahui sekarang maraknya pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan atau menjadi penolong saat keadaan mendesak.

 

Biasanya kebanyakan masyarakat awam yang baru tahu pinjaman online langsung terburu- buru mengambil pinjaman tanpa mengetahui benar atau tidaknya. Oleh karena itu disarankan tahu ciri- ciri penipuan pinjaman online.

 

Kasus penipuan pinjaman online kini kian marak terjadi di tengah lingkungan masyarakat. Ini ciri-ciri penipuan pinjaman online yang harus kita simak baik-baik.

 

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri penipuan pinjaman online:

BACA JUGA:2 Risiko Hapus Izin Akses Pinjol saat Masih Punya Hutang, Malah Bikin Hidup Makin Gak Tenang

1. Informasi perusahaan penyedia pinjaman tidak jelas

 

Biasanya perusahaan yang resmi dinaungi oleh OJK pasti ada alamat lengkap. Namun berbeda dengan ini. Mereka akan memalsukan alamat perusahaan, bahkan terkadang tidak terdaftar di Google Maps.

 

Dan hal yang perlu dilihat adalah nomor telepon ponsel. Biasanya penyedia pinjaman resmi memiliki nomor telepon bisnis tersendiri bukan nomor pribadi.

 

2. Tampilan media sosialnya tidak jelas

 

Biasanya pinjaman resmi dalam unggahan foto atau video di akun Instagram resmi mereka akan terlihat jelas. Namun berbeda dengan pinjaman online yang penipuan, mereka biasanya unggahannya tidak rapi, berantakan dan foto pecah-pecah atau buram.

 

3. Meminta uang tambahan

 

Ciri- ciri penipuan pinjaman online selanjutnya adalah meminta uang tambahan atau biasanya mereka minta uang DP terlebih dahulu. Hal itu biasanya mereka menggunakan alasan agar pencairan cepat, atau meminta uang pembulatan dan ini perlu kita waspadai. 

 

Apalagi terdapat persyaratan agar pinjaman cair meminta uang di awal dan bisa juga tiba- tiba menghilang dan memblokir kontak kita, pastinya itu hal merugikan yah.

BACA JUGA:Menghapus Akun Pinjol Apakah Aman dan Efektif dari Incaran DC Lapangan?

4. Menawarkan pinjaman secara paksa

 

Biasanya pinjaman online penipu ini akan menawarkan pinjaman dengan cara paksa melalui telepon, pesan singkat melalui WhatsApp secara berulang kali agar nasabah mau. Bahkan mereka tidak menjelaskan pinjaman dari mana sumbernya, tetapi menawarkan dengan cara diiming-imingi cepat cair. 

 

Jika kalian bertanya tentang produk sumber pinjaman online, mereka akan memutar balikkan dan memaksa agar kalian setuju mengambil pinjaman tersebut.

 

5. Membayar tagihan masuk ke rekening pribadi

 

Jika Anda ditawarkan pinjaman online tetapi membayar cicilan tagihannya masuk ke rekening atas nama pribadi seseorang itu harus diwaspadai. Biasanya pinjaman online yang resmi akan mengarahkan pembayaran melalui website, atau aplikasi M-Banking.

 

Sebagai pengingat untuk masyarakat awam saat keadaan mendesak tidak perlu terburu- buru dengan diiming-imingi cepat cair, tanpa tidak tahu kejelasannya. Lebih baik kita tahu ciri-ciri penipuan pinjaman online supaya tidak terjadi hal buruk yang menimpa. Ingat hari apes tidak ada di kalender.

 

Demikian artikel tentang ciri-ciri penipuan pinjaman online. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: