Bentuk Generasi Muslim Milenial, Rohis SMA Negeri 5 Tegal Gelar Tafakur Alam

Bentuk Generasi Muslim Milenial, Rohis SMA Negeri 5 Tegal Gelar Tafakur Alam

Peserta tafakur alam SMA Negeri 5 Tegal--

RADAR TEGAL - Sejumlah siswa dari SMA Negeri 5 Tegal mengikuti kegiatan tafakur alam di Desa Si Gedong, Bumi Jawa, Kabupaten Tegal, Jumat 15 Desember 2023. Kegiatan yang diselenggarakan Rohani Islam (Rohis) itu mengambil tema Membangun Ukhuwah Islamiyyah dan membentuk generasi muslim millenial secara Kaffah.

Kepala SMA Negeri 5 Tegal Khurotu Ayun mengatakan, sekolah yang dipimpinnya itu memiliki kegiatan ekstrakurikuler tentang kerohanian Islam. Rohani Islam atau biasa disebut rohis merupakan sebuah organisasi guna memperdalam dan memperkuat ajaran Islam. 

"Fungsi Rohis sendiri berbagi ilmu pengetahuan islam dalam bentuk forum, pengajaran, dakwah. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun yakni Tafakur Alam, untuk mengingat Allah SWT dan melalui segala ciptaan-Nya yang tersebar di langit dan bumi,"kata Kepala SMA Negeri 5 Tegal.

Menurutnya, kegiatan itu di ikuti anggota rohis dan ketua OSIS SMA 5 Tegal serta para pengurusnya dan didampingi guru. Kegiatan itu juga sekaligus dalam rangka pemilihan pengurus baru Rohis masa bakti 2023/2024. 

BACA JUGA:Gelar Karya Kearifan Lokal, SMA Negeri 5 Tegal Tampilkan Suwe Ora Jamu dan Gethuk

"Kegiatan itu dimulai dari bersih-bersih diri dan dilanjut dengan sholat berjamaah. Serta pemberian materi yang disampaikan Rahman Ade Permana selaku guru Agama dan A. Ghazali selaku pembina kegiatan keagamaan,"ujarnya.

Selain itu, ada juga materi yang disampaikan Taufik Hidayah tentang seorang pelajar memanfaatkan media sosial secara positif di era digital. Selesai materi siswa diistirahatkan, karena akan bangun pagi untuk melaksanakan Sholat Tahajud.

"Sholat berjamaah dipimpin A.Ghazali dan dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah. Kemudian, pada Sabtu, 16 Desember 2023 melaksanakan kegiatan lintas alam ke curug cantel,"ujarnya.

Selanjutnya, kegiatan lintas alam yang dilakukan untuk mengenalkan para siswa. Mengenai lingkungan sekitar seperti tumbuhan beserta jenisnya dan keberanekaragaman yang ada di alam.

BACA JUGA: SMA Negeri 5 Tegal Lantik Penegak Laksana Ambalan Setya Muda Carakan dan Kusuma Mahardika

Dengan dipandu karang taruna, sepanjang perjalanan terlihat banyak tanaman yang beraneka ragam warna dan bentuknya serta pemandangan alam yang sangat indah. Inilah keagungan dan kebesaran Allah dalam menciptakan alam dan seisinya.

Sesampainya di Curug Cantel di suguhkan pemandangan air terjun yang begitu indah menambah suasana menjadi lebih bersemangat dan selayaknya orang pada umumnya kami pun berfoto bersama untuk mengabadikan momen.

"Dari kegiatan tafakur alam ini diharapkan siswa dan siswi Rohis SMA Negeri 5 Tegal dapat selalu mensyukuri nikmat Allah yang diberikan kepada hamba-Nya. Serta selalu mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari dengan melaksanakan kewajiban dan sunahnya yang diajarkan oleh Rasulullah SAW,"jelasnya.

Selain itu, dapat memberikan ilmunya kepada teman-teman disekolah dengan menularkan prilaku yang positif untuk terus berbuat baik. Serta mengajak kebaikan kepada semua warga sekolah di SMA N 5 tegal khususnya dan masyarakat umumnya. (*)

Sumber: