Cerita Mistis Stasiun Kaliwedi Cirebon, Konon Sosok Ini Sering Menampakan Diri

Cerita Mistis Stasiun Kaliwedi Cirebon, Konon Sosok Ini Sering Menampakan Diri

stasiun terbengkalai kaliwedi cirebon--

RADAR TEGAL - Stasiun Kaliwedi Cirebon menyimpan kisah mistis yang sangat menarik untuk dikulik.

Dahulu stasiun Kaliwedi Cirebon merupakan stasiun aktif yang ramai pengunjung. Namun kini sudah tak beroperasi sejak 21 tahun yang lalu.

Stasiun Kaliwedi Cirebon ditutup tepatnya pada yanggal 6 Januari 2002. Namun kini, kisah kejayaan stasiun ini hanya sejarah belaka.

Stasiun Kaliwedi Cirebon kini hanya bangunan terbengkalai dengan kondisi yang sudah tidak layak ditempati.

Alasan ditutupnya stasiun ini, karena banyak kejadian diluar nalar hingga sosok kasat mata yang kian menampakan diri.

Stasiun yang terletak pada ketinggian +6 meter diatas permukaan laut ini termasuk dalam Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon dan menjadi stasiun kereta api paling barat di Kabupaten Cirebon. Stasiun ini sendiri letaknya berada di desa Kaliwedi Lor, Kaliwedi, Cirebon.

Lokasinya sendiri jauh dari jalan utama desa, sehingga saat masih beroperasi, penumpang yang akan naik dari stasiun ini harus menempuh jarak sekitar tiga kilometer. 

Sebagai bangunan terbengkalai, stasiun ini diikuti dengan cerita mistis yang bikin bulu kuduk merinding. Konon ada sosok yang kerap kali menampakan diri dan mengganggu warga sekitar, berikut kisahnya.

Cerita mistis stasiun Kaliwedi Cirebon

Pada mulanya stasiun ini pertama kali berdiri pada 3 Juni 1912, menjadikannya memiliki usia yang mencapai 111 tahun. 

Awalnya tujuan dibangunnya stasiun ini untuk menghubungkan jalur Staatsspoorwegen (SS) dengan jalur Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS).

Namun karena sudah tidak ditempati, kini hanya sebuah bangunan terbengkalai yang memiliki aura mistis. Stasiun Kaliwedi bahkan digosipkan angker oleh warga sekitar karena selain tak lagi beroperasi, banyak terjadi kecelakaan di perlintasan stasiun ini. 

Warga menyebut stasiun Kaliwedi Cirebon sebagai ‘kentrung budeg’. Hal ini karena orang yang melintas rel kereta api di sana tidak pernah mendengar ada suara peringatan dari menara stasiun apabila ada kereta yang lewat.

Itulah salah satu penyebab banyaknya kecelakaan tragis di stasiun ini. Konon kerap kali terdapat penampakan sosok makhluk gaib bernama Siti Zainab. 

Mitosnya Siti Zainab adalah sosok perempuan yang memakai kebaya putih dengan bawahan batik liris. Legenda mengatakan bahwa Siti Zainab adalah seorang sinden yang menjadi korban pemerkosaan oleh seseorang yang jahat.

Sumber: