Miris, Banyak Remaja yang Terjerat Pinjol, Ini 5 Risiko Terlilit Hutang di Usia Muda

Miris, Banyak Remaja yang Terjerat Pinjol, Ini 5 Risiko Terlilit Hutang di Usia Muda

5 risiko yang terjadi jika terlilit hutang pinjol di usia muda-freepik-

Risiko terlilit hutang pinjol berikutnya bisa membuat tekanan mental yang bisa terjadi pada siapa saja selain yang usia muda.

Kondisi keuangan yang memburuk ditambah kejaran dari pihak pinjol agar segera membayar hutang akan makin membuat mental tertekan. Tentu ini tidak akan baik ke depannya jika terjadi terus-menerus.

4) Ketergantungan

Dampak buruk terlilit hutang pinjol selanjutnya bisa menimbulkan rasa ketergantungan. Apalagi sampai terpikirkan untuk ‘gali lubang tutup lubang’.

Alih-alih ingin melunasi hutang di aplikasi pinjol A, justru malah makin menambah hutang karena ada bunga dan pokok hutang baru yang dibayar pada aplikasi lainnya.

Jikapun sebelumnya sudah berhasil melunasi hutang, di masa depan kemungkinan besar seseorang yang pernah menggunakan pinjol akan menggunakannya lagi. 

BACA JUGA : 4 Aturan Baru Soal Kontak Darurat Pinjol, Nasabah Gak Bisa Asal Setor Nomor Orang Lain!

Hal ini karena kemudahan pencairan uang yang instan dan syarat pengajuan yang mudah dari pinjaman online, dibanding lembaga keuangan sejenisnya.

5) Beasiswa dicabut

Sesuai yang disebutkan bahwa kini sudah banyak pelajar berusia muda yang sudah terjerat pinjol. Syarat untuk mengajukan pinjol paling utama adalah KTP.

Jadi tidak heran kaula muda yang sudah memiliki KTP banyak menggunakan pinjaman online. Jika sampai terjerat hutang pinjol, maka kemungkinan beasiswa pendidikannya akan dicabut dari pihak kampus sendiri.

Kesimpulan

Banyak hal buruk yang bisa terjadi jika sampai terlilit hutang pinjaman online selain membuat skor kredit buruk. Mulai dari terjebak siklus hutang yang panjang, keuangan kacau, tekanan mental, ketergantungan, dan beasiswa bisa dicabut.

Itulah 5 risiko yang terjadi jika terlilit hutang pinjol di usia muda dan juga masyarakat umum. Yuk, mulai pertimbangkan dengan baik lagi sebelum mengajukan pinjaman online agar tidak terjerat hutang yang membengkak. (*)

Sumber: