Buka Pameran Inovasi Pendidikan, Bupati Tegal Dapat Hadiah 101 Sajak Karya Guru

Buka Pameran Inovasi Pendidikan, Bupati Tegal Dapat Hadiah 101 Sajak Karya Guru

TABUH - Bupati Tegal Umi Azizah menabuh drum membuka perhelatan pameran inovasi pendidikan.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Pameran inovasi pendidikan digelar di Gedung Korpri Kabupaten Tegal, Rabu 13 Desember 2023. Dalam kegiatan itu, Bupati Tegal Umi Azizah mendapat cindera mata berupa 101 sajak karya guru.

Uniknya, cinderamata yang diterima bupati dalam pameran inovasi pendidikan itu dibuat hanya dalam kurtun waktu tiga hari. Suasana haru mewarnai penyerahan kenang-kenangan guru tersebut.

Cinderamata yang diberikan dalam pameran inovasi pendidikan itu disebut sebagai sarana untuk mengekspresikan keindahan jiwa dan semangat kreatif para guru.

Pameran inovasi pendidikan sendiri merupakan yang pertama kali digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal tahun 2023. Kegiatan itu dibuka secara langsung oleh Bupati Tegal  Umi Azizah, dan turut dihadiri ketua Balai Besar Guru Penggerak ( BBGP) Provinsi Jawa Tengah, Darmadi SPd MPd.

Kepala Dinas Dikbud Fakihurrochim SSos MM menyatakan inovasi pendidikan bukan sekedar pengenalan teknologi baru. Namun juga perubahan fundamental dalam cara kita mendekati proses belajar mengajar. 

BACA JUGA:Unik! Guru Kelompok Bermain di Kabupaten Tegal Berinovasi, Buat Kereta Api dari Pelepah Pisang

"Melalui pameran inovasi pendidikan ini, kita dapat melihat beragam proyek, ide, dan strategi baru yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari guru dan kepala sekolah," ujarnya.

Menurutnya setiap inovasi yang dipamerkan merupakan bukti nyata bahwa semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan terus berkobar di hati setiap individu  terhadap masa depan pendidikan. 

"Terdapat 101 peserta inovasi pendidikan  di antaranya kategori managemen digital seperti SIBISA (Aplikasi Buku Induk Siswa) Kurikulum Merdeka, Managemen Non Digital seperti batik tiup sebagai alternatif batik ciri kas sekolah, hingga pembelajaran digital," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azziah mengapresiasi karya monumental guru dan inovasi dari para arsitek pengetahuan, pengasuh rasa ingin tahu, dan penjaga inspirasi anak bangsa. Menurutnya para guru tidak pernah berhenti mendedikasikan dirinya untuk mengajarkan ilmu dan pengetahuan, demi mencetak SDM yang berkualitas.

BACA JUGA:Di Kota Tegal, Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang SD Bakal Gunakan Sistem Online!

"Kita berikan applause kepada bapak, ibu guru yang terus bersemangat mengabdi, memberikan bimbingan yang tak ternilai bagi siswa-siswinya. Terima kasih kasih atas apa yang telah bapak, ibu hadirkan. Mudah-mudahan, komitmen bapak, ibu guru dalam memajukan pendidikan melalui inovasi pembelajaran di era Kurikulum Merdeka ini senantiasa dicatat sebagai jariyah yang bernilai ibadah di sisi Allah, di mata Tuhan," ungkapnya.

Demikian informasi terkait pameran inovasi pendidikan yang digelar di Kabupaten Tegal. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: