Jelang Nataru, Ketua DPRD Jateng Sumanto Minta Pemprov Rem Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

Jelang Nataru, Ketua DPRD Jateng Sumanto Minta Pemprov Rem Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

Ketua DPRD Jateng, Sumanto meminta Pemprov Jateng melakukan intervensi untuk mengerem kenaikan harga kebutuhan pokok di seluruh wilayahnya.--

Kenaikan harga kebutuhan pokok indikator inflasi

Sumato mengungkapkan harga cabai di sejumlah daerah saat ini mengalami kenaikan cukup tinggi, bahkan ada yang mencapai lebih dari Rp100 ribu per kg. Sumanto menyebuti naiknya harga cabai, kerap menjadi indikator inflasi.

"Cabai ini memang bukan kebutuhan primer, tapi orang terlanjur banyak yang suka. Sehingga naiknya harga cabai cukup berpengaruh, dan menjadi indikator inflasi," beber Sumanto.

Menurutnya, masyarakat juga bisa ikut mengantisipasi kenaikan harga cabai yang kerap terjadi, salah satunya dengan menanam sendiri di rumah. "Kesadaran perlu ditumbuhkan. Misalnya dengan menanam lima pot cabai per rumah sudah bisa memenuhi kebutuhan." 

BACA JUGA: Ketua DPRD Jateng Sebut Digitalisasi Desa Bisa Tingkatkan Perekonomian Masyarakatnya

Sumanto menegaskan DPRD Jateng akan terus memantau kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru tersebut. Menurutnya, hingga saat ini belum ada laporan adanya penimbunan yang menyebabkan harga-harga naik.

Dia menilai kenaikan harga terjadi lebih karena hukum pasar. "Ini sudah menjadi hukum pasar, jika permintaan naik harga juga akan ikut naik. Di Indonesia tradisinya setiap tahun ada dua momentum besar, yaitu Lebaran serta Natal dan Tahun Baru. Ibaratnya orang menabung setahun dibelanjakan di dua momen itu."

Demikian informasi tentang kenaikan harga kebutuhan pokok, akhir-akhir ini yang terjadi di seluruh wilayan Provinsi Jawa Tengah. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: