Jelang Libur Nataru, Kepala Dinbudpar Brebes Meminta Asuransi di Tempat Wisata

Jelang Libur Nataru, Kepala Dinbudpar Brebes Meminta Asuransi di Tempat Wisata

Kepala Dinas Dibudpar Kabupaten Brebes Rofiq Qoidul Adzam.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Brebes Rofiq Qoidul Adzam meminta semua pengelola tempat wisata harus menyertakan asuransi pada tiket masuk. Ini tidak lain untuk mengurangi risiko kecelakaan di kawasan tempat wisata saat memasuki musim hujan di momen libur Nataru.

Rofiq menyebutkan, pihaknya telah memberikan perhatian khusus terhadap tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi. Selain itu, dia meminta kepada pengelola dan para pedagang di lokasi wisata harus ramah terhadap pengunjung.

Mereka diminta memberikan keamanan dan kenyamanan untuk para pengunjung. 

"Seperti di daerah pegunungan, tempat wisata sangat beresiko licin untuk pegunungan, kemudian di wisata air seperti di pantai dan waduk berisiko dengan kecelakaan air. Jadi setiap tiket masuk harus berasuransi, agar pengunjung aman dan nyaman," ungkapnya kepada media, Selasa 5 Desember 2023.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Guci Diprediksi Alami Lonjakan Wisatawan, Dinas Porapar Siapkan Pengawasan

Lebih lanjut, pihaknya akan segera berkordinasi dengan stakeholder dalam pengamanan libur Nataru di tempat wisata. Pihaknya akan melibatkan kepolisian, tenaga kesehatan, relawan, hingga PMI dan Tim SAR dalam untuk keamanan pengunjung. Mereka akan bertugas di titik-titik tempat wisata yang rawan kecelakaan. 

"Nantinya mereka kita tempatkan di lokasi rawan kecelakaan dan rawan keamanan cuaca. Nanti juga ada imbauan-imbauan untuk kenyamanan pengunjung," jelesnya. 

Rofiq menuturkan, di Kabupaten Brebes ada sekitar 52 daerah tujuan wisata (DTW). Untuk DTW unggulan di antaranya, di wilayah pesisir ada Pantai Randusanga Indah (Parin), Pulau Cemara, dan Hutan Mangrove Pandansari.

Sedangkan untuk wilayah tengah, ada Waduk Malahayu, Rest Area Heritage Banjaratma, dan Taman Besaran Jatibatang. Selanjutnya di wilayah selatan atau pegunungan ada Tuk Sirah Pemali dan Agrowisata Kebun Teh Kaligua. 

BACA JUGA:Mageri Segoro, Destinasi Wisata Pantai Larangan Dibersihkan Satpolairud dan Relawan

"Hampir semua obyek wisata kita dikelola oleh Pokdarwis atau pemerintah desa. Di Brebes komplit, ada tempat wisata untuk semua segmen baik anak-anak maupun orang tua. Dalam momen libur Nataru ini, kami tetap memberikan keamanan dan kenyamanan untuk pengunjung," pungkasnya. (*)

Sumber: