3 Cara Mudah Membedakan DC Pinjol Resmi dan Bodong, yang Galbay Sering Diincar

3 Cara Mudah Membedakan DC Pinjol Resmi dan Bodong, yang Galbay Sering Diincar

3 cara mudah membedakan DC pinjol resmi dan bodong-freepik-

RADAR TEGAL – Ada 3 cara mudah untuk membedakan DC pinjol resmi dan bodong alias palsu. Oknum-oknum nakal ini biasanya akan mengincar peminjam yang galbay atau gagal bayar cicilan.

Cara mudah membedakan DC pinjol resmi dan bodong ini penting untuk diketahui. Sebab, informasi ini bisa membantu Anda agar tidak buru-buru membayar hutang saat didatangi petugas debt collector ke rumah.

Maka dari itu simak berikut 3 cara mudah membedakan DC pinjol resmi dan bodong. Pastikan petugas debt collector lapangan yang datang memenuhi sejumlah syarat dan tanda-tanda berikut.

3 cara mudah membedakan DC pinjol resmi dan bodong

Tidak jarang ada oknum DC lapangan palsu yang datang ke rumah untuk menagih hutang. Hal ini perlu jadi perhatian serius, agar tidak terjerat modus penipuan DC pinjol palsu. Maka dari itu, begini cara membedakan mana DC pinjol asli atau palsu.

BACA JUGA : Gunakan Satu KTP untuk Daftar Banyak Pinjol, Bisa Kena Resiko Ini

1. Periksa dokumen penagihan 

DC lapangan pinjol resmi seharusnya memiliki beberapa dokumen penting saat menagih hutang ke rumah nasabah galbay.

Mereka harus membawa dokumen tersebut sebelum menerima uang dari nasabah, serta wajib memperlihatkannya kepada nasabah yang bersangkutan.

Adapun sejumlah dokumen penting yang harus mereka bawa, yaitu identitas diri, surat tugas penagihan, sertifikat profesi, sampai surat jaminan fidusia. Mereka juga biasanya menggunakan seragam resmi dari perusahaan pinjol terkait.

Semisal Anda tidak menemukan dokumen-dokumen tadi dari DC pinjol yang datang, jangan mau memberikan uang sepeserpun kepada mereka. 

Sebab, ini bisa menandakan bahwa mereka adalah petugas palsu yang mengaku-ngaku DC pinjol resmi.

BACA JUGA : Jangan Langsung Bayar! Begini Cara Tepat Hadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

2. Waktu datang

Sumber: