Stop Bullying! Polsek Bumijawa Kabupaten Tegal Datang dan Lakukan Ini di Sekolah

Stop Bullying! Polsek Bumijawa Kabupaten Tegal Datang dan Lakukan Ini di Sekolah

STOP BULLYING- Warga SMPN 3 Bumijawa menerima materi pembelajaran anti kekerasan di halaman sekolah. Aksi stop bullying ini dilakukan Polsek Bumijawa.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Langkah untuk menghentikan aksi perundungan atau stop bullying pada anak-anak terus dilakukan berbagai pihak. Salah satunya Polsek Bumijawa Kabupaten Tegal yang sengaja mendatangi sekolah, Sabtu 2 Desember 2023.

Mereka memberikan edukasi di lingkungan pendidikan sebagai langkah stop bullying untuk mencegah terjadinya perundungan. Termasuk kekerasan seksual hingga intoleransi di kalangan peserta didik. 

Untuk kali ini, aksi stop bullying dan edukasi dilakukan di satuan pendidikan SMPN 3 Bumijawa. Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod SH SIK melalui Kapolsek Bumijawa Iptu Iman Agus SH menyatakan, materi pembelajaran yang diberikan dalam kesempatan ini diberikan secara teori dengan simulasi dan metode tanya jawab interaktif.

Kegiatan stop bullying itu dipusatkan di lokasi outdoor halaman sekolah. Dengan pertimbangan kapasitas jangkauan yang lebih luas.

BACA JUGA:Stop Bullying! SMP Negeri 17 Tegal Gelar Workshop Pencegahan Perundungan

Pembelajaran berlangsung selama 120 menit tersebut  ditutup dengan deklarasi sebagai  simbol penolakan terhadap kebiasaan perundungan, kekerasan seksual serta intoleransi. Deklarasi yang terkait dengan aksi stop bullying ini dilakukan seluruh pihak SMP Negeri 3 Bumijawa dan Polsek Bojong Polres Tegal.

Kapolsek mengakui, salah satu kenakalan remaja berupa kekerasan dan bullying yang pada tingkat pelajar SMP menjadi salah satu perhatian kepolisian. Karena pada usia tersebut, anak-anak yang masih memerlukan bimbingan secara intensif.

"Tidak sedikit terjerumus dalam berbagai tindak kejahatan sehingga harus berkonflik dengan hukum," ungkapnya.

Pihaknya juga memberi motivasi pada pelajar untuk mengukir prestasi dan mengisi masa muda dengan hal-hal yang positif. Lebih waspada dalam bergaul serta tetap meningkatkan iman dan ketakwaan dalam beragama. 

BACA JUGA:Kasus Bullying Meningkat di Berbagai Daerah, Polisi Datangi Sekolah-sekolah

Karena apabila sudah ditetapkan sebagai anak yang berkonflik dengan hukum, akan banyak kesempatan yang terbuang akibat harus menjalani konsekuensi pelanggaran hukum yang dilakukan. 

"Lebih baik mengembangkan potensi diri yang memberikan manfaat secara positif pada diri sendiri, keluarga maupun lingkungan," tandasnya.

Demikian informasi terkait aksi stop bullying yang dilakukan Polsek Bumijawa. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: