Debt Collector Shopee Ancam akan Datang ke Rumah Bareng RT Setempat? Ini yang Harus Anda Lakukan

Debt Collector Shopee Ancam akan Datang ke Rumah Bareng RT Setempat? Ini yang Harus Anda Lakukan

Ilustrasi. Apakah DC Shopee datang ke rumah bareng RT?--

RADAR TEGAL- Aplikasi Shopee memang menawarkan fitur Spaylater dan Spinjam yang bisa Kamu gunakan untuk belanja online ataupun cairkan saldo. Tapi apakah ada debt collectornya shopee? 

Bahkan biasanya nasabah yang memiliki tagihan Spinjam atau Spaylater diwajibkan untuk membayar sesuai jatuh tempo yang telah ditentukan. Jika tidak akan ditelpon debt collector shopee berkali- kali untuk memastikan membayar tagihan.

 

Selain menelpon berkali- kali, biasanya debt collector Shopee akan beri pesan singkat ke WhatsApp untuk menagih hutang dan biasanya akan melibatkan orang lain seperti ketua RT atau RW.

 

Namun apakah benar jika debt collector Shopee akan menagih hutang ke rumah Kita bersama ketua RT atau RW? Daripada penasaran, simak terus artikel di bawah ini.

BACA JUGA:Jangan Bingung, Ini Tempat Gadai BPKB Motor Tanpa Survey yang Cepat dan Mudah

Jika Anda mendapatkan pesan gertakan tersebut terus pastinya akan cemas dan khawatir, lalu bagaimana solusinya?

 

Seperti kita ketahui, DC sendiri bekerja sama dengan aplikasi pinjaman online ( pinjol). Salah satunya Shopee untuk menagih hutang kepada nasabah.

 

Nah untuk penagihan hutang DC bareng ketua RT atau RW harus hati- hati dari segi hukum atau etika. DC sendiri harus bekerja ke lapangan sesuai dengan peraturan dan tentu tidak boleh melanggar hukum.

 

Berikut ini adalah hal- hal yang harus diperhatikan seksama :

 

1.Tidak ikut campur satu pihak

 

Ketua RT atau RW diharuskan bersikap netral dan tidak ikut campur dalam penagihan hutang. Diharuskan mereka tidak boleh menggunakan wewenang untuk membantu permasalahan salah satu pihak.

 

BACA JUGA:Bukan Cuma Ganti Nomor, Lakukan 3 Hal Ini agar Terbebas dari Teror Pinjol Ilegal

 

2.Kententuan peraturan OJK

 

Otoritas jasa keuangan ( OJK) memiliki peraturan dan debt collector harus memenuhi peraturan yang ada dan tidak boleh melanggar.

3.Sesuai hukum

Untuk melakukan tugas debt collector harus sesuai dengan hukum yang berlaku dan jika memang melakukan tindakan kekerasan adalah tindakan yang ilegal.

Sebagai informasi tambahan, jika Anda mendapatkan pesan gertakan akan datang bareng RT atau RW itulah hanya bohong, itu hanya menakuti nasabah saja.

 

Demikian informasi singkat mengenai pertanyaan selama ini, apakah debt collector Shopee datang ke rumah bareng ketua RT? Semoga membantu(*).

Sumber: