Tidak Menggunakan e-toll Lagi, Ini 4 Perbedaan dan Keunggulan MLFF yang Akan Dicoba Tahun 2024

Tidak Menggunakan e-toll Lagi, Ini 4 Perbedaan dan Keunggulan MLFF yang Akan Dicoba Tahun 2024

Ilustrasi MLFF dan tidak menggunakan e-toll lagi./Unsplash Red John--

RADAR TEGAL - Pemerintah akan melakukan uji coba Multi Lane Free Flow (MLFF) dan masyarakat tidak lagi menggunakan e-toll. MLFF akan diuji coba pada tahun 2024 dan tidak lagi menggunakan e-toll sebagai pembayaran yang saat ini sudah dilakukan.

Rencananya pembayaran gerbang tol tidak lagi menggunakan e-toll dan beralih ke MLFF akan dimulai awal 2024 mendatang. Sehingga teknologi MLFF dan upaya sosialisasi tidak lagi menggunakan e-toll untuk pembayaran gerbang tol akan mulai dikenalkan ke masyarakat.

Multi Lane Free Flow (MLFF) sendiri adalah teknologi yang dilakukan untuk pembayaran gerbang tol tanpa perlu melakukan tapping lagi. Sehingga MLLF adalah transaksi tol yang dilakukan dengan kecepatan normal untuk pembayaran nontunai nirsentuh.

Berbeda dengan e-toll yang saat ini sudah digunakan yaitu pembayaran kartu elektronik menggunakan nontunai (cashless) untuk gerbang tol. Walaupun berfungsi untuk pembayaran, ternyata terdapat perbedaan pada MLFF dan e-toll yang saat ini digunakan.

BACA JUGA:Perbedaan dan Sistem Kerja MLFF Pengganti Kartu e-Toll, Jadi Makin Praktis!

Simak apa saja perbedaan teknologi MLFF yang akan menggantikan e-toll sebagai kartu pembayaran gerbang tol.

1. Menggunakan satelit

MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS) yang digunakan untuk melakukan transaksi melalui smartphone dan dibaca oleh satelit. Perangkat yang digunakan untuk transaksi nirsentuh pada teknologi MLFF ini disebut Electronic On-Board Unit (E-OBU) yang harus diaktifkan saat masuk tol.

Sehingga GPS akan menentukan posisi pengguna dari satelit dan akan melakukan proses map-matching (pencocokan peta) di pusat sistem. Maka uang atau saldo pengguna akan terpotong secara otomatis saat melewati gerbang tol tanpa perlu mengantri dan membuka jendela.

2. Cara pembayaran

Perbedaan dari teknologi MLFF dan e-toll adalah dari cara pembayaran. Jika e-toll atau kartu elektronik menggunakan kartu fisik untuk ditempelkan dan diisi saldo.

BACA JUGA:MLFF Bakal Gantikan Peran Kartu E-Toll Awal Tahun Depan, Begini Mekanismenya

Ternyata MLFF akan menggunakan aplikasi yang harus diunduh oleh pengguna jalan tol yang sudah berisi saldo. Sehingga tidak perlu membuka kaca dan melakukan tapping untuk pembayaran gerbang tol.

3. Lebih cepat

Sumber: