Tak Perlu Takut Dikejar DC Lagi, Ketahui 3 Cara Bebas dari Utang Pinjol

Tak Perlu Takut Dikejar DC Lagi, Ketahui 3 Cara Bebas dari Utang Pinjol

Cara Bebas dari Utang Pinjol --

RADAR TEGAL – Utang bisa menjadi hal yang paling membebani dalam hidup. Berikut ini cara bebas dari utang pinjol yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda.

Dengan cara berikut ini, diharapkan nantinya Anda bisa terbebas dari jeratan pinjaman online yang mengganggu kehidupan.

Biasanya, faktor tidak bisa bayar utang pinjol biasanya karena kesulitan keuangan saat jatuh tempo pembayaran. Sehingga nasabah mengalami kesulitan untuk mengangsur cicilan. Apalagi jika nasabah sudah terjerat dengan lingkaran pinjol.

Untuk terleas dari hal tersebut tentu akan sangat sulit apabila utang sudah dijadikan sebagai kebiasaan.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Pinjol Bunga Rendah OJK, Tersedia Pinjaman Capai Rp30 Juta

3 Cara Bebas dari Jeratan Pinjol

1. Cek Status Perusahaan Pinjol

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk terbebas dari utang pinjol yakni dengan cek status perusahaan pinjol yang Anda gunakan. Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut merupakan penyedia layanan pinjol legal atau justru pinjol ilegal.

Apabila perusahaan pinjol yang Anda gunakan terbukti legal, maka Anda wajib untuk melunasinya karena berpengaruh terhadap SLIK OJK sehingga nantinya Anda akan kesusahan dalam melakukan peminjaman lagi.

Namun, apabila pinjol yang Anda gunakan ternyata ilegal, maka Anda bisa terbebas dari utang pinjol tanpa bayar sepeser pun dengan syarat harus melaporkan perusahaan pinjol tersebut ke pihak berwajib seperti OJK, Satgas Waspada Investasi, ataupun kepolisian.

Anda perlu menyertakan bukti kuat bahwa pinjol yang Anda gunakan memang ilegal, maka utang Anda akan dihapus dan tidak perlu membayar cicilan lagi. Perlu Anda ingat bahwa pinjol ilegal beroperasi tanpa mengikuti aturan yang sudah ditentukan oleh OJK yakni mulai dari minimal suku bunga, kejelasan identitas perusahaan, cara penagihan, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Ketahui 5 Pinjol Bunga Rendah Tanpa BI Checking Beserta Tips Memilih Layanan Pinjol Resmi

2. Hubungi Jasa Pinjol yang Anda Gunakan

Apabila Anda mengalami kesulitan pada saat melakukan pembayaran, maka sebaiknya hubungi terlebih dahulu jasa pinjaman yang Anda gunakan, ya. Karena, banyak perusahaan pinjol yang bersedia bekerja sama dengan Anda untuk bisa menemukan solusi yang sesuai dengan situasi keuangan Anda.

3. Buat Rencana Pembayaran

Cara terbebas dari utang pinjol yang terakhir yakni dengan membuat rencanapembayaran. Anda perlu mecoba untuk membuat rencana pembayaran pinjol yang realistis berdasarkan dengan kemampuan keuangan Anda.

Anda juga perlu mengidentifikasi sumber pendapatan tambahan apabila diperlukan dan alokasikan sebagian pendapatan Anda untuk melunasi utang pinjol secara teratur.

Demikian ulasan mengenai cara bebas dari utang pinjol tanpa membayar sepeserpun. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: