Lantik Pengurus Lasqi Kabupaten Tegal, Musik Kpop ala Korea Disinggung

Lantik Pengurus Lasqi Kabupaten Tegal, Musik Kpop ala Korea Disinggung

LANTIK - Prosesi pelantikan DPD Lasqi Nusantara Jaya Kabupaten Tegal.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Ada yang menarik saat prosesi pelantikan dan pengukuhan DPD Lembaga Seni Qosidah Indonesia (Lasqi) Nusantara Jaya Kabupaten Tegal digelar, Kamis 30 November 2023. Pasalnya, musik Kpop ala Korea sempat disinggung.

Hal ini seperti dikatakan Ketua DPD Lasqi Nusantara Jaya periode 2023 - 2028 Drs A Ta'arifuddin SAg MPd. Menurutnya, Lasqi Kabupaten Tegal ini tidak hanya sebagai wadah berorganisasi saja. 

Namun ini sebagai ladang amal ibadah untuk menjaga budaya kesenian Islam. 

"Kita berupaya kompak menentukan tujuan bukan hanya buat berorganisasi, tapi ini ladang amal kita semua terkait budaya kesenian Islam. Itu harus memang kita utamakan kepada anak-anak kita,” ungkapnya.

BACA JUGA:Resmi Dilantik, Ketua DPD Lasqi Kabupaten Tegal Khujatul Islam Diminta Bupati Lakukan Ini

Dia mengatakan saat ini anak-anak cenderung sebagai pencinta musik Kpop ala-ala Korea. Hadirnya Lasqi Kabupaten Tegal di tengah masyarakat diharapkan dapat memajukan budaya kesenian Islam. 

“Mudah-mudahan dengan adanya Lasqi ini jadi ladang ibadah kita semua. Ini dijadikan tolak ukur pemerintah, bahwa kita lah nanti akan memajukan budaya Islam,” tegasnya. 

Lestarikan eksistensi musik kasidah

Dalam pelantikan di Pendopo Amangkurat itu, Bupati Tegal Umi Azizah melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Suspriyanti berharap, melalui kepengurusan yang baru ini, semangat untuk melestarikan eksistensi musik kasidah yang telah mengiringi peradaban masyarakat kita ini semakin menguat.

Menurutnya seni kasidah sebenarnya sudah lebih dulu dipopulerkan oleh seseorang bernama Rofiqoh Darto Wahab antara tahun 1960 hingga 1970. Rofiqoh ini asalnya dari Pekalongan. 

Dia memopulerkan musik kasidah tradisional dengan belasan albumnya yang mayoritas berisi lagu-lagu berbahasa Arab. 

"Isi lagunya lebih banyak puji-pujian kepada Allah SWT. Dikatakan tradisional karena saat itu, alat musik pengiringnya hanyalah rebana. Barulah kemudian Nasida Ria ini muncul dengan konsep kasidah modern yang banyak disukai masyarakat dan membuat seni musik kasidah semakin naik daun," ceritanya.

Sejalan dengan dilantiknya pengurus Lasqi Nusantara Jaya Kabupaten Tegal ini, pihaknya  berharap dan mendoakan semoga  seluruh pengurus dan anggota senantiasa ikut menyuarakan hal-hal yag baik untuk Indonesia. Menyerukan pesan damai dan sikap saling menghargai dan mengasihi  melalui suara dan karya musik yang tulus dari hati.

Demikian informasi terkait Lasqi Kabupaten Tegal. Semoga hal ini bermanfaat. (*)

Sumber: